Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Menteri Agama Resmi Luncurkan SPAN-UM PTKIN 2022

Menteri Agama Resmi Luncurkan SPAN-UM PTKIN 2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan SPAN-UM PTKIN 2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan SPAN-UM PTKIN 2022

Jakarta, NU Online 

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas resmi meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) – Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2022 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (18/1/2022).


Ia mengatakan, pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tersebut merupakan suatu terobosan strategis dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermutu tinggi. 


“Kita hari ini patut bergembira karena progres pelaksanaan sistem seleksi elektronik di masa pandemi Covid-19 ini bisa berjalan dengan baik,” kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya.


Ia juga menyampaikan, transformasi dan investasi digital di PTKIN harus menjadi program prioritas sebagai upaya peningkatan mutu layanan PTKIN.


“PTKIN harus mampu beradaptasi meningkatkan mutu layanan berbasis kecakapan masa depan atau cognitive flexibility, creative, and innovative mindset,” terangnya.


Menurutnya, terdapat beberapa isu penting dalam pengelolaan perguruan tinggi meliputi, transformasi kelembagaan, transformasi digital, dan transfomasi lokal menjadi internsaional. “Saya berharap kepada semua pimpinan PTKIN untuk selalu menjadi dan membawa institusi yang nyaman sebagai tempat transfer ilmu,” ujarnya. 


Sementara Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq menyampaikan bahwa sejumlah inovasi telah dilakukan guna mengoptimalkan pelaksanaan SPAN-UM PTKIN 2022. “Inovasi yang kita lakukan adalah integrasi dapodik, perluasan akses dari berbagai macam pihak, penjagaan mutu, dan sistem skoring,’ kata Imam. 


Pada kesempatan tersebut, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Mahmud berharap pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik dan lancar. 


“Harapannya tahun sekarang bisa lebih hebat lagi baik pesertanya maupun mahasiswa yang nantinya terpilih,” terang Mahmud yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung itu.


Tampak hadir dalam peluncuran tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali, Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) Suyitno, Ketua Panitia SPAN-UM PTKIN Imam Taufiq, Ketua Forum Pimpinan PTKIN Mahmud, serta sejumlah Rektor dan Wakil Rektor dari 58 PTKIN di seluruh Indonesia.


Pelaksanaan SPAN-UM PTKIN tahun 2022 diikuti oleh 58 PTKIN di seluruh Indonesia dan satu perguruan tinggi umum (PTU) Universitas Singaperbangsa Karawang. SPAN PTKIN bakal digelar mulai Februari hingga April 2022, sedangkan UM PTKIN pada April hingga Juni 2022.

 

Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya meningkatkan mutu perguruan tinggi. Sebelumnya, Kemenag melakukan pembinaan akreditasi program studi dan institusi pada Kamis 30 Septermberi 2021.


"Pembinaan akreditasi prodi dan perguruan tinggi merupakan upaya pemerintah yang hadir memberikan layanan kepada perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) untuk peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi,” ujar Kepala Subdirektorat (Kasubit) Kelembagaan dan Kerja Sama Diktis Adib Abdushomad.


Pembinaan akreditasi  tersebut ditujukan guna menindaklanjuti perguruan tinggi yang tidak memenuhi syarat peringkat akreditasi.


Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×