Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Niat Shalat Witir Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahnya

Niat Shalat Witir Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahnya
Niat Shalat Witir Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahnya
Niat Shalat Witir Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahnya

Jakarta, NU Online
Selain anjuran melaksanakan shalat tarawih pada bulan Ramadhan, biasanya umat Muslim juga menyambungnya dengan shalat witir tiga rakaat dengan dua kali salam (salam pertama untuk dua rakaat dan salam kedua untuk satu rakaat). Sehingga jumlahnya 23 rakaat, dengan rincian 20 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir.


Landasan anjuran shalat witir adalah sabda Rasulullah saw berikut:


اِجْعَلُوْا اٰخِرَ صَلَاتِكُمْ مِنَ الَّليْلِ وِتْراً


Artinya, “Jadikanlah akhir shalat kalian semua di malam hari dengan dengan shalat witir” (HR Bukhari)


Hadits di atas menjelaskan bahwa hendaknya umat Muslim menutup shalatnya dengan shalat witir. Artinya, shalat witir dilakukan sebagai penutup dari shalat-shalat yang dilakukan umat Muslim dalam satu hari.


Secara bahasa kata ‘witir’ berarti ‘ganjil’. Artinya, shalat ini harus dilakukan dalam bilangan rakaat ganjil dengan minimal satu rakaat. Rasulullah pernah bersabda:


اَلْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ


Artinya, “(Shalat) witir adalah hak bagi semua umat Islam, maka barang siapa yang suka untuk melakukan witir dengan lima rakaat, maka lakukanlah. Barang siapa yang suka melakukan witir dengan tiga rakaat, maka lakukanlah. Dan, barang siapa yang yang suka melakukan shalat witir dengan satu rakaat, maka lakukanlah.” (HR Abu Dawud, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).


Salah satu rukun shalat witir adalah membaca niat, berikut adalah lafal niat shalat witir:


1. Lafal niat shalat witir satu rakaat


أُصَلِّيْ سُنَّةً مِنَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلّٰهِ تَعَالَى


Ushallî sunnatan minal witri rak’atan lillahi ta’âlâ   


Artinya, “Aku niat shalat sunnah witir satu rakaat karena Allah ta’ala.


2. Lafal niat shalat witir dua rakaat


  أُصَلِّيْ سُنَّةً مِنَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى


Ushallî sunnatan minal witri rak’ataini lillahi ta’âlâ   


Artinya, “Aku niat shalat sunnah witir dua rakaat karena Allah ta’ala.”   


Lafal niat yang pertama diucapkan ketika hendak melakukan shalat witir satu rakaat, sedangkan lafal niat yang kedua diucapkan ketika hendak melakukan dua rakaat.


Kontributor: Muhamad Abror
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×