Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Care-LAZISNU dan BPKH Salurkan Mobil Layanan Haji ke Kemenag Bengkulu

NU Care-LAZISNU dan BPKH Salurkan Mobil Layanan Haji ke Kemenag Bengkulu
Penyerahan bantuan mobil operasional layanan haji dari NU Care-LAZISNU dan BPKH kepada Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, di Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu Kamis (24/11/2022). (Foto: LAZISNU)
Penyerahan bantuan mobil operasional layanan haji dari NU Care-LAZISNU dan BPKH kepada Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, di Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu Kamis (24/11/2022). (Foto: LAZISNU)

Jakarta, NU Online

NU Care-LAZISNU PBNU menyalurkan bantuan mobil operasional pelayanan bagi jamaah haji di Bengkulu. Bantuan berupa satu unit mobil Toyota Hiace Commuter diserahkan kepada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, di Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu, pada Kamis (24/11/2022).


Pengadaan mobil tersebut bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) RI,. Bantuan tersebut sesuai dengan komitmen BPKH RI dalam menyalurkan nilai manfaat dari hasil Dana Abadi Umat (DAU). Hal itu sebagaimana diatur dalam PP No 5 Tahun 2018 tentang pelaksanaan Undang-Undang No 34 Tahun 2014 terkait pengelolaan keuangan haji dan diatur dalam PBPKH No 7 tentang prioritas kegiatan kemaslahatan, yang salah satunya ialah bidang pelayanan ibadah haji.

 

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKH yang telah mengamanahi NU Care-LAZISNU PBNU sebagai Mitra Kemaslahatan.


"Terima kasih kepada BPKH yang telah hadir melalui Program Kemaslahatan dan Kemenag RI Provinsi Bengkulu yang telah bersama-sama berkolaborasi dalam mewujudkan bantuan mobil Pelayanan Ibadah Haji ini. Semoga menjadi berkah dan membawa kemaslahatan bagi umat," ucap Qohari.


Sementara itu, Pelaksana Harian Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu H Ramlan mengungkapkan, pelayanan haji di Provinsi Bengkulu mendapat indeks pelayanan tertinggi. Dengan adanya bantuan tersebut akan meningkatkan pelayanan terhadap calon jamaah haji.


"Pelayanan haji di Bengkulu mendapatkan indeks pelayanan tertinggi. Insyaallah hadirnya bantuan mobil dari BPKH dan LAZISNU ini akan meningkatkan pelayanan terhadap calon dan jamaah haji di Provinsi Bengkulu, juga tingkat nasional," ungkap Ramlan.


Deputi Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan BPKH RI, Emir Rio Krishna menegaskan bahwa dana yang digunakan dalam proses pengadaan mobil itu tidak bersumber dari setoran awal jamaah haji. "Melainkan dana bagi hasil atau nilai pengembangan Dana Abadi Umat yang ditujukan untuk kemaslahatan umat sesuai dengan asas prinsip syariah, kehati-hatian, nirlaba, transparan, dan akuntabel," tegas Emir dalam sambutannya.


Pihaknya berharap dengan adanya sarana yang memadai tentunya akan memudahkan dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji.


"Kami berharap, mobil pelayanan yang sudah diberikan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dari ibadah haji, khususnya jamaah hadi dari Provinsi Bengkulu," harapnya.


Turut hadir pada acara serah terima bantuan mobil, Kepala Asrama Haji Embarkasi Antara Bengkulu H Intihan, Kasubbag Administrasi dan Keuangan Asrama Haji Embarkasi Bengkulu, serta jajaran pengurus-manajemen dari BPKH RI. 

Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×