Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

PBNU dan Dubes Amerika Komitmen Tingkatkan Perdamaian di Timur Tengah

PBNU dan Dubes Amerika Komitmen Tingkatkan Perdamaian di Timur Tengah
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y Kim bersama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. (Foto: Istimewa)
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y Kim bersama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y Kim berkunjung ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, Senin (6/12/2021). Ia diterima langsung Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj bersama Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Ketua PBNU H Marsudi Syuhud, dan H Robikin Emhas.


Dalam kesempatan tersebut, Kiai Said mengaku prihatin dengan keadaan Timur Tengah yang masih belum berdamai. Mereka merupakan saudara sesama Islam. “Di sana masih belum dapatkan kehidupan yang damai,” katanya.


Kiai Said menyebut Irak, Libya, Afghanistan, Somalia, terutama Palestina dan Israel masih dalam kondisi yang belum damai. Untuk mendamaikan, ia menyebut peranan Amerika Serikat sangat penting. “Peranan Amerika juga sangat besar dalam perdamaian di Timur Tengah,” katanya.


Oleh karena itu, ia menegaskan perlunya peningkatan kerja sama PBNU dan Amerika Serikat untuk perdamaian di Timur Tengah. “Mari kita tingkatkan kerja sama untuk meningkatkan hasil yang nyata,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta Selatan itu.


Kiai Said juga mengajak Dubes Kim untuk menjadikan radikalisme, terorisme, dan narkoba sebagai musuh bersama yang harus diperangi. Hal itu sebagai Langkah untuk mewujudkan hidup yang penuh kedamaian.


Sementara itu, Dubes Kim menyampaikan bahwa Indonesia memiliki kerukunan umat beragama yang kuat. Ia mengapresiasi tampilnya NU sebagai sebuah organisasi yang mengusung dan mengampanyekan toleransi agar kehidupan damai dan kerukunan beragama dapat berjalan.


Menurutnya, NU merupakan organisasi yang penting dalam mengupayakan perdamaian itu. Ia juga menyampaikan bahwa Amerika mendukung NU dalam mewujudkan perdamaian di kawasan Palestina.


Selain itu, Kim menyampaikan rasa bangganya Kedubes Amerika di Indonesia dapat bekerja sama dengan NU. Karenanya, kehadirannya di PBNU ini dalam rangka memperluas kerja sama dengan NU. “Memang kami berkeinginan memperluas kerja sama kemitraan dengan NU,” ujarnya.


Menindaklanjuti perluasan kerja sama, Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini mengatakan perlu ada pemberian beasiswa bagi para santri untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat sebagai negara dengan pendidikan yang sangat baik. Beasiswa yang sama dan program pertukaran budaya juga perlu diberikan kepada pengajar di pondok pesantren.


Selain itu, Helmy juga mengatakan bahwa peningkatan kerja sama ini juga perlu dilakukan dalam bidang entrepreneurship untuk membentuk wirausaha-wirausaha baru. Helmy juga meminta agar pihak Kedubes mempermudah proses pengurusan visa bagi pekerja temporer.


Hal yang paling penting, Helmy menegaskan perlunya peningkatan kerja sama dalam mewujudkan perdamaian bagi dunia. Hal tersebut, menurutnya, dapat diwujudkan dengan kampanye Islam Indonesia melalui forum-forum seminar dan sebagainya.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×