Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pergunu Siap Kolaborasi dengan Ma'arif NU Wujudkan Guru Unggul dan Berdaya Saing

Pergunu Siap Kolaborasi dengan Ma'arif NU Wujudkan Guru Unggul dan Berdaya Saing
Ketua LP Ma'arif PBNU, Prof HM Ali Ramdhani (kiri). (Foto: NU Online)
Ketua LP Ma'arif PBNU, Prof HM Ali Ramdhani (kiri). (Foto: NU Online)

Jakarta, NU Online
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU yang digelar di Gedung Pascasarjana KH Abdurrahman Wahid Unisma Malang telah menghasilkan beberapa rekomendasi yang telah disetujui.  


Ketua LP Ma'arif PBNU, Prof HM Ali Ramdhani berkesempatan membacakannya dalam konferensi pers Ahad (28/8/2022). Ada dua rekomendasi yang dihasilkan, yakni internal dan eksternal.


Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PP PEergunu), Ahmad Zuhri mengatakan, pada rekomendasi internal terdapat beberapa poin yang beririsan dengan Pergunu baik secara langsung ataupun tidak langsung. Misalkan terkait poin pertama, tentang platform sistem pendidikan Nahdlatul Ulama.  


Zuhri menilai, langkah ini strategis dalam rangka merespon tuntutan zaman, seperti halnya Pergunu yang sejauh ini sudah membuat sistem edutech platform gurumerdeka.org sehingga bisa dikolaborasikan.


"Karena di platform tersebut terdapat berbagai macam video dan modul metode pembelajaran penguatan paham Ahlussunah wal Jamaah Annhdliyah," ujar Zuhri setelah melantik PC Pergunu Gresik, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).


Kemudian, lanjut Zuhri, terkait cita-cita membuat madrasah atau sekolah model di setiap provinsi juga merupakan cita-cita Pergunu dengan mencetak guru-guru berkompetensi unggul sehingga mampu berkontribusi maksimal dalam pelaksanaans cita-cita tersebut.


Zuhri menegaskan, Pergunu menyambut baik terkait gagasan membentuk Asosiasi Guru Ma’arif NU. Sesuai Undang-Undang Guru dan Dosen tahun 2014 memang sejatinya setiap guru diwajibkan menjadi anggota organisasi profesi guru. 


"Sangat menarik jika di dalam tubuh Nahdlatul Ulama memiliki banyak asosiasi guru yang berbasis mata pelajaran sehingga membantu percepatan pengembangan SDM guru-guru Nahdlatul Ulama," tandasnya. 


Zuhri menjelaskan bahwa rekomendari tersebut merupakan bagian yang tidak boleh terpisahkan demi penguatan nilai-nilai Ke-NU-an yaitu dapat mengasilkan guru-guru yang mampu mengatasi persoalan dan menyesuaikan kemajuan zaman. 


"Untuk mewujudkan gagasan tersebut Pergunu siap berkolaborasi dengan LP Ma’arif PBNU, karena mayoritas anggota Pergunu merupakan bagian tak terpisahkan dari LP Ma’arif NU," lanjutnya.


Lebih lanjut, Zuhri juga mendoakan rekomendasi agar ke depan PP Pergunu bisa terus berkolaborasi dengan LP Ma’arif PBNU dalam mewujudkan cita-cita pendidikan yang lebih unggul.


"Pergunu juga berdoa agar rekomendasi yang bersifat eksternal dapat terwujud. Semoga kedepan Pergunu bisa terus berkolaborasi dengan LP Ma’arif PBNU dalam mewujudkan cita-cita luhur pendidikan kita," tutupnya.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×