Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Perkuat Literasi, Unusia Bangun Kerja Sama dengan Penerbit Buku dan Lembaga Riset

Perkuat Literasi, Unusia Bangun Kerja Sama dengan Penerbit Buku dan Lembaga Riset
Rektor Unusia, Juri Ardiantoro memberikan sambutan pada kegiatan penandatanganan kerja sama dengan lembaga mitra, Rabu (25/5/2022). (Foto: Humas Unusia)
Rektor Unusia, Juri Ardiantoro memberikan sambutan pada kegiatan penandatanganan kerja sama dengan lembaga mitra, Rabu (25/5/2022). (Foto: Humas Unusia)

Jakarta, NU Online

Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) melakukan Penandatanganan Kerja Sama Bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan beberapa lembaga mitra pada Rabu (25/5/2022) di Aula Kampus A Jakarta. Beberapa lembaga mitra yang diajak bekerja sama adalah Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPP APSI), satukelas.com, dan Penerbit Erlangga.


Rektor Unusia, Juri Ardiantoro menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Erlangga, DPP APSI, dan satukelas.com. Menurut dia para lembaga mitra tersebut membersamai Unusia dalam usaha mencerdaskan anak bangsa.


"Setiap langkah kami bergerak untuk Unusia, selalu berpikir akan orientasi bagaimana cara membuat mahasiswa, dosen, dan sivitas akademika mempunyai kualitas yang memadai. Khusus untuk mahasiswa, akan dibimbing untuk memiliki kualitas ketika mereka status mahasiswa, tapi juga ketika mereka lulus," kata Juri dalam rilis yang diterima NU Online.


Sementara itu Ketua Umum DPP APSI, Sutrisno berharap penandatanganan kerja sama itu berdampak pada kompetensi akademik mahasiswa agar relevan dengan kebutuhan masyarakat. Harapan tersebut, kata Sutrisno, sangat berbanding lurus dengan DPP APSI yang sudah teruji secara akreditasi nilai A di Mahkamah sebagai asosiasi yang berbasis syariah.


Semangat tersebut disambut Hardian Thahjo Purnomo, Direktur Penerbit Erlangga. Erlangga, menurut Hardian akan memfasilitasi berbagai macam kepentingan mahasiswa dan dosen Unusia seperti pengelolaan Buku Ajar, mulai dari penyediaan fasilitator, narasumber palatihan, hingga penerbitan.


"Tidak hanya itu, Erlangga juga menghadirkan fasilitator, dukungan dana riset, dan sponsorship," ujar Hardian.


Mitra luar negeri

Tidak hanya dengan pihak dalam negeri, Unusia juga menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan pihak luar negeri. Seperti pada Rabu (18/5/2022), Unusia danKoleg University Islam Antarbangsa Salangor mengadakan silaturahim dan penjajakan kerja sama dengan Koleg University Islam Antarbangsa Salangor (KUIS) secara daring.


Wakil Rektor Unusia Bidang  Kerja Sama dan Hubungan Internasional, Syahrizal Syarif mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas penghargaan setinggi-tingginya dengan adanya pertemuan tersebut.

"Saya tadi melihat profil, baik dari Unusia maupun KUIS, ternyata banyak sekali persamaan. Entah dari program berbasis sains, hukum, maupun kajian agama Islam. Hal tersebut sangat penting dan sangat berarti," kata Syahrizal.  


Pihaknya berharap dapat mengunjungi Salangor dan mengirimkan dosen ke Selangor untuk belajar. "Mudah-mudahan memberi manfaat dan berkah bagi universitas," imbuhnya.


Zetty Nurziliana Rashed perwakilan dari KUIS Malaysia juga mengaku mempunyai keinginan untuk datang dan berkunjung ke Unusia karena sangat menginspirasi.Dia berharap Unusia juga dapat berkunjung ke KUIS untuk segera melakukan kerja sama secara lebih positif di bidang akademik, mahasiswa, pendidikan, pengetahuan, dan lainnya.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×