Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pesan Rais Syuriyah NU Banten Atasi Dampak Tsunami Selat Sunda

Pesan Rais Syuriyah NU Banten Atasi Dampak Tsunami Selat Sunda
Bantuan NU Peduli untuk warga Banten korban tsunami
Bantuan NU Peduli untuk warga Banten korban tsunami
Jakarta, NU Online
Rais Syuriah PWNU Banten, KH Zamzami Yusuf mengatakan atas kejadian bencana tsunami Selat Sunda masyarakat agar bersabar, waspada dan peka. Hal itu menurutnya sesuai dengan perintah Allah Swt dalam Al-Qur’an.

“Untu segenap masyarakat baik di Pandeglang, Serang, Cilegon, saya berharap mensikapi tsunami yang telah terjadi, umat Islam khususnya warga NU ada acuan dalam Al-Qur’an harus mampu bersabar, memberikan pesan sabar kepada umat, dan waspada,” kata Kiai Zamzami seperti dalam rekaman wawancara video dengan relawan NU Peduli, Yulistianto.

Dalam video tersebut, Kiai Zamzami juga mengatakan kesabaran menghadapi bencana tsunami juga hendaknya melahirkan kesadaran, kewaspadaan, kepekaan, peduli dan tanggap terhadap lingkungan dan masyarakat.

Laporan tim NU Peduli dari Desa Kertamukti,  Kecamatan Sumur, Pandeglang mengungkapkan banyak perahu terseret ombak dan bergeser jauh dari lokasi semula. Selain itu pepohonan di daerah pantai di desa tersebut juga tampak roboh.

“Berdasarkan penuturan warga terjangan ombak di Kecamatan Sumur ini mencapai tujuh sampai sepuluh meter,” kata Anto.

Anggota Banser dan Ansor terus melakukan evakuasi dan pencarian jenazah di daerah tersebut. Sementara bantuan logistik dan pelayanan kesehatan juga terus dilakukan oleh NU Peduli.

Bekerjasama dengan PWNU Banten, NU Peduli membuka posko layanan distribusi bantuan dari masyarakat. Distribusi bantuan melalui NU Peduli sampai ke tempat korban dan tepat sasaran. 

“Dalam mengelola bantuan ini tidak terburu-buru, tapi berdasarkam pemetaan dan data agar tepat sasaran,” kata Sekretaris PWNU Banten Amas Tajudin.

Selain itu, bantuan NU Peduli juga menjangkau daerah-daerah terpencil dan terisolir terdampak tsunami Selat Sunda. (Kendi Setiawan)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×