Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Sekjen Liga Muslim Dunia: Perbedaan Jangan Halangi Bangun Rasa Kemanusiaan dan Persatuan

Sekjen Liga Muslim Dunia: Perbedaan Jangan Halangi Bangun Rasa Kemanusiaan dan Persatuan
Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed Al-Issa saat menyampaikan kuliah umum di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Senin (31/10/2022). (Foto: NU Online/Suwitno)
Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed Al-Issa saat menyampaikan kuliah umum di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Senin (31/10/2022). (Foto: NU Online/Suwitno)

Bali, NU Online

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed Al-Issa menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan audiens pada Studium Generale, di Ballroom Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Senin (31/10/2022) siang. 


Dalam kesempatan tersebut, Syekh Al-Issa mengatakan bahwa penerapan nilai-nilai kebersamaan dari seluruh agama dapat mendorong nilai-nilai kemanusiaan lebih membudaya. Ia juga menjelaskan fakta keberagaman antarmanusia tidak bisa dihindari, sehingga perbedaan yang ada tidak sampai menimbulkan kedengkian dan perpecahan satu dengan yang lain. 


“Perbedaan satu dengan yang lain jangan sampai menghalangi sumbangsih ide untuk membangun rasa kemanusiaan kita, dan nilai-nilai kemanusian untuk memperkuat rasa persatuan kita,” jelas Syekh Al-Issa dalam kegiatan bertema Religious Common Values (Nilai-nilai Universal Agama) itu.


Menariknya, salah satu audiens dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya karena tema yang diangkat soal substansi nilai agama. “Seperti kami yang di Hindu, kami memiliki nilai Tri Hita Karana yang menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dan alam. Ternyata sama yang saya tahu di Islam juga dikenal dengan hablumminallah dan hablumminanas, kita ini sama sebenarnya,” ujar salah satu peserta yang langsung disambut riuh tepuk tangan dari para peserta yang memenuhi ruangan tersebut.


Sementara itu, Juru Bicara Forum R20 Muhammad Najib Azca menyampaikan, bahwa kuliah umum ini mengangkat tema besar nilai-nilai bersama yang dimiliki oleh agama-agama, yang bisa menjadi dasar inspirasi dalam upaya membangun perdamaian dunia.


“Hari ini, saya kira Syekh Al-Issa berhasil dengan sangat baik, dengan sangat anggun menggambarkan betapa islam memang memiliki nilai-nilai yang bisa menjadi fondasi untuk hidup bersama, bisa menjadi fondasi untuk membangun kebersamaan dan perdamaian antaragama, antarsuku, antarras,” terang Najib


Masih menurut Najib, penjelasan yang disampaikan oleh Syekh Al-Issa semakin menemukan jalan terang untuk membangun kedamaian ketika ada tanggapan dari audiens yang sebagian besar pesertanya beragama Hindu.


“Baik apa yang disampaikan Syekh Al-Issa maupun respons yang disampaikan oleh audiens yang sebagian adalah komunitas Hindu, itu saya kira saling melengkapi, saling mengokohkan, saling memperkuat bahwa memang betul agama-agama memiliki nilai-nilai yang menjadi inspirasi, menjadi basis bagi kehidupan bersama yang lebih baik, yang lebih damai dan yang lebih berdasarkan pada nilai-nilai keadilan dan kemanusian,” jelasnya.


Acara yang menjadi rangkaian dari Forum R20 ini dihadiri oleh tokoh lintas agama, serta rektor dan mahasiswa dari 16 kampus yang ada di Bali. 


Kontributor: Abdul Karim Abraham
Editor: Syakir NF





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×