Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Sore Ini, Nur Iman FC dan Al-Ma'mur Perebutkan Juara Liga Santri Nusantara

Sore Ini, Nur Iman FC dan Al-Ma'mur Perebutkan Juara Liga Santri Nusantara
Nur Iman mengenakan kaus oranye, sementara Al-Ma'mur bir. Kedua tim memperebutkan gelar juara Liga Santri Nusantara musim 2019 sore ini (Foto: NU Online/Alawi)
Nur Iman mengenakan kaus oranye, sementara Al-Ma'mur bir. Kedua tim memperebutkan gelar juara Liga Santri Nusantara musim 2019 sore ini (Foto: NU Online/Alawi)

 

 

Bogor, NU Online

Liga Santri Nusantara musim 2019 memasuki babak final yang mempertemukan kesebelasan Pondok Pesantren Nur Iman FC dari Sleman Yogyakarta melawan kesebelasan Pondok Pesantren Al-Ma'mur Tangerang dari Banten. Keduanya akan memperebutkan juara pertama di Stadion Mini Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/11).

 

Nur Iman FC lolos ke final dengan mulus sejak di seri region dan seri nasional. Nur Iman lolos ke final setelah berhasil menundukkan kesebelasan Pondok Pesantren Fathun Nawi dari region Jawa Barat 3 di lapangan PHB Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (7/11). Sementara kesebelasan Pondok Pesantren Al-Ma'mur dari region Banten lolos ke final setelah mengalahkan kesebelasan Pondok Pesantren Al-Ma'ruf dari region Jawa Tengah I dengan skor 1-0.

 

Beberapa fakta yang dirangkum NU Online tentang kedua kesebelasan tersebut. Nur Iman FC mengikuti Liga Santri Nusantara sejak pertama kali liga tersebut diadakan, pada 2015 di Sidoarjo, Jawa Timur. Waktu itu, Nur Iman FC menyabet juara ketiga. Sementara Al-Ma'mur baru turut serta di tahun ketiga, yakni 2017. Namun mereka gagal masuk ke seri nasional.

 

Nur Iman FC dan Al-Ma'mur pernah kandas di seri regional. Nur Iman mengalaminya pada 2017 dan 2018. Al-Ma'mur juga gagal di tahun yang sama.

 

Nur Iman adalah pesantren yang memiliki tradisi sepak bola santri yang panjang. Tidak hanya bola kulit, tapi api dan durian. Salah seorang lulusannya, Eko Setiawan yang kini jadi pelatih mereka, pernah memperkuat di kesebelasan profesional, yakni PSS Sleman. Para santrinya memanfaatkan lapangan desa di Mlangi berlatih sepak bola tiap Jumat dan Selasa.

 

Al-Ma'mur juga memiliki tradisi sepak bola karena letaknya dekat dengan GOR sepak bola. Mereka memiliki jadwal di lapangan itu. Salah seorang putra pendirinya adalah mantan pesepak bola profesional di kesebelasan Persita junior.

 

Nur Iman pernah menjadi juara pertama di Liga Santri Nusantara musim 2016 saat berlangsung di daerahnya, Yogyakarta. Mereka menundukkan kesebelasan Walisongo Sragen. Sementara Al-Ma'ruf baru tahun ini masuk ke final di seri nasional

 

Saat pertandingan sore ini, Nur Iman menggunakan kaus oranye, sementara Al-Ma'mur biru. Pada babak pertama berjalan 10 menit, Nur Iman berhasil membobol gawang Al-Ma'mur. Skor 1-0. Jika kedudukan ini bertahan hingga babak kedua usai, maka Nur Iman menggondol kembali piala liga santri ke Yogyakarta.

 

Pewarta: Abdullah Alawi

Editor: Aryudi AR

 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×