Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Terima Kunjungan Syaikh Albir Kraganof, Kiai Said Dukung Dakwah Damai di Rusia

Terima Kunjungan Syaikh Albir Kraganof, Kiai Said Dukung Dakwah Damai di Rusia
KH Said Aqil Siroj menyambut kunjungan Mufti Rusia Grand Syaikh Albir Hadharat Kraganof. (Foto: Istimewa)
KH Said Aqil Siroj menyambut kunjungan Mufti Rusia Grand Syaikh Albir Hadharat Kraganof. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Ketua Dewan Pembina Islam Nusantara Foundation, KH Said Aqil Siroj menyambut baik kunjungan Pimpinan Organisasi Islam Rusia sekaligus Mufti Rusia Grand Syaikh Albir Hadharat Kraganof untuk bersilaturrahim bersama keluarga besar dan para santrinya di Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/22).


Dalam pertemuan itu, Kiai  Said menyampaikan dukungannya agar dakwah Islam yang damai dapat tersebar luas di Rusia. Hal itu penting untuk meminimalisasi konflik yang dapat mengganggu relasi sosial- keagamaan yang telah dibangun selama ini.


“Saya mendukung dan men-support sepenuhnya agar dakwah Islam yang damai di Rusia berjalan dengan baik,” kata Kiai Said.


Sebagaimana di Indonesia, kata dia, dakwah damai juga bisa direalisasikan di Rusia. “Dakwah yang damai sebagaimana dilakukan oleh pembawa Islam di Indonesia juga bisa dipraktikkan di Rusia,” katanya lagi.


Kepada Mufti Rusia, ia mengungkapkan hal yang membuat negara Indonesia damai salah satunya adalah moderatisme yang dianut oleh warganya. Islam moderat ketika dipraktikkan dan diamalkan dalam kehidupan keseharian oleh Muslim maka akan menjadi rahmat bagi semesta alam.  


“Indonesia merupakan negara Islam yang mayoritas kaum muslimnya berpandangan moderat ala Islam Ahlussunnah wal jamaah. Inilah yang membuat Indonesia senantiasa damai hingga kini,” ungkap Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sejak tahun 2010 sampai 2021.


Menurutnya, moderatisme dalam beragama sangatlah penting untuk dipahami. Dengan prinsip moderatisme, setiap individu dapat mempraktikkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama.


“Dengan prinsip itu, kita bisa mengelola perbedaan yang ada menjadi potensi untuk maju bersama membangun bangsa,” tuturnya.


Diingatkannya, moderatisme dalam menjalankan ajaran agama merupakan kunci sukses bangsa Indonesia yang harus dijaga untuk menciptakan perdamaian dan kerukunan.


Tak lupa, ia juga berharap  agar gejolak yang terjadi di Rusia segera bisa teratasi dan semua pihak mendapatkan keselamatan.


“Saya mendoakan agar semuanya dapat segera teratasi,” jelas Kiai said.


Sebelumnya, Grand Mufti Rusia Mr Albir Krganov juga melakukan kunjungan silaturahmi ke Rais ‘Aam PBNU KH Miftachul Akhyar di Pondok Pesantren Miftachussunnah di Jalan Kedung Tarukan No. 100 Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Grand Syaikh Albir Hadharat Kraganof berharap hubungan antarumat Islam, khususnya para ulama di kedua negara tersebut semakin erat.


Kunjungan berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Ke dua tokoh ini juga membicarakan berbagai hal mulai dari kondisi umat Islam di kedua negara, mazhab yang mayoritas diikuti hingga potensi kerja sama antarumat Islam Indonesia dan Rusia.


Pewarta: Syifa Arrahmah
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×