Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tjahjo Kumolo Wafat, Menag: Saya Banyak Belajar dari Beliau

Tjahjo Kumolo Wafat, Menag: Saya Banyak Belajar dari Beliau
Tjahjo Kumolo. (Foto: menpan.go.id)
Tjahjo Kumolo. (Foto: menpan.go.id)

Jakarta, NU Online
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merasa sangat kehilangan atas meninggalnya sejawat yang pandai bergaul dan sangat terbuka.

 

“Saya banyak belajar dari almarhum, baik sebagai sesama aktivis yang berkiprah dari Jawa Tengah, maupun sebagai politisi dan birokrat. Almarhum sosok yang pandai bergaul dan terbuka,” ujar Menag di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

 

Hampir dua tahun bersama-sama membantu Presiden Joko Widodo, Menag mengaku cukup intensif berkomunikasi dengan almarhum, utamanya dalam konteks pelaksanaan reformasi birokrasi. Proses penyederhanaan birokrasi yang digawanginya menjadi legacy tentang bagaimana semestinya tata kepemerintahan dijalankan secara efektif dan efisien.

 

“Saya sampaikan duka mendalam atas wafatnya Almarhum. Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah Swt. Aamiin,” tutupnya.

 

Sebagai informasi, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada Jum`at (1/7/2022) pukul 11.10 WIB. Menteri Tjahjo sebelumnya sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni. Menurut kabar yang beredar, jenazah Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

 

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 1 Desember 1957 dan meninggal pada usia 62 tahun. Sebelum menjadi Menpan-RB, Politisi PDIP ini pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sejak 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019. Ia juga pernah menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah I sekaligus menjadi Ketua Fraksi PDI-P.

 

Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×