Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Uninus Bandung Jadi Bagian Perguruan Tinggi dalam Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara

Uninus Bandung Jadi Bagian Perguruan Tinggi dalam Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara
Uninus Bandung menjadi salah satu perguruan tinggi dalam Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara. (Foto: istimewa)
Uninus Bandung menjadi salah satu perguruan tinggi dalam Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara. (Foto: istimewa)

Bandung, NU Online

Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung menjadi salah satu dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia dalam Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara yang digagas Kementerian Agama Republik Indonesia melalui melalui Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi.


Perguruan-perguruan tinggi tersebut adalah 1. Universitas Indonesia (UI), 2. Universitas Gajah Mada (UGM), 3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA), 4. Universitas Negeri Malang (UNM), 5. Universitas Islam Malang (UNISMA), 6. Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS), 7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 8. Universitas Islam Nusantara (UNINUS), dan 9. Universitas Islam Garut (Uniga).


Pada peluncuran GMBBN yang berlangsung di Universitas Indonesia Depok pada Selasa (29/11/2022), Uninus Bandung diwakili Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi dan Kerjasama Ahmad Muhammad Ridwan Saiful Hikmat.


Menurut dia, GMBBN adalah lembaga yang didesain sebagai pelaksana penguatan moderasi beragama di lingkungan Perguruan Tinggi Umum agar menjadi gerbong terdepan dalam upaya penguatan moderasi beragama dan bela negara di Indonesia.


“Griya Moderasi Beragama dan Bela Negara diarahkan untuk melakukan 3 (tiga) agenda utama. Pertama, Pendidikan dan Pelatihan. Kedua. Kajian, penelitian dan Publikasi, dan Ketiga, Advokasi dan pendampingan masyarakat,” katanya.


Ia menambahkan, GMBBN juga merupakan upaya memperkokoh toleransi dan meneguhkan kerukunan dalam kebinekaan sehingga terbangun sikap saling pengertian, toleransi, memahami keragaman, dan memperkuat persatuan antar umat beragama.


“Sebagai bagian dari GMBBN, Uninus untuk tahap pertama, sebagai tindak lanjutnya adalah akan diresmikan dulu Griya Moderasi di Uninus,” pungkasnya.


Profil Uninus

Uninus pada saat kelahirannya bernama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) yang didirikan di kota Bandung pada tanggal 30 November 1959. Pada tanggal 15 April 1969 sesuai dengan dinamika politik  saat itu serta bergabungnya Fakultas Hukum Universitas Ibnu Khaldun, Akademi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Tinggi Dakwah Islam, dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Bandung, maka nama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU) diubah menjadi Universitas Islam Nusantara, disingkat Uninus.


Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×