Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Unusia Buka Beasiswa S2 dan S3 Sejarah Kebudayaan Islam, Ini Syaratnya

Unusia Buka Beasiswa S2 dan S3 Sejarah Kebudayaan Islam, Ini Syaratnya
Gedung Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). (Foto: Istimewa)
Gedung Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online 
Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) kembali membuka pendaftaran program beasiswa untuk jenjang Magister (S2) dan Doktoral (S3). Pendaftaran dibuka mulai 24 Agustus 2022 hingga 5 September 2022 mendatang. Sementara jadwal interview pada 8 September hingga 9 September 2022.


Adapun beasiswa ini dalam bentuk SPP 4 semester bagi program Magister (S2) dan 8 semester bagi program Doktoral (S3).


Wakil Rektor Unusia, Fariz Alnizar mengatakan, beasiswa ini merupakan kerja sama antara Unusia dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Jenjang yang ditawarkan adalah program S2 dan S3 Sejarah Peradaban Islam dengan konsentrasi Islam Nusantara.


"Tujuannya untuk menghasilkan intelektual Muslim yang memiliki pengetahuan tentang peradaban Islam Nusantara yang berbasis riset dan metodologi yang kuat dalam kerangka transformasi sosial yang humanis-religius," ujarnya, Rabu (24/8/2022).


Dekan Fakultas Islam Nusantara, Ahmad Suaedy menambahkan, beasiswa ini diperuntukkan untuk fakultas Islam Nusantara Prodi Sejarah Peradaban Islam Unusia.


Suedy melaporkan saat ini pihaknya telah dan sedang melakukan riset di tiga tema besar, yaitu jaringan intelektual islam tradisional di Asia Tenggara bekerja sama dengan BRIN. Dan melanjutkan riset tentang Jaringan Spiritual dan Intelektual Islam Jalur Rempah Nusantara. 


"Kami juga sedang merintis kerja sama riset tentang Islam Maritim warisan Cheng Ho di Nusantara bekerjasama dengan sebuah Yayasan Cheng Ho di Cina. Bagi yang berminat untuk mengkaji dan mendalami Islam Nusantara silah gabung kami," tuturnya. 


Alur pendaftaran

1. Mengisi formulir pendaftaran melalui pmb.unusia.ac.id

 

2. Melakukan pembayaran.

  • Untuk program S2 pendaftaran senilai Rp400.000
  • Dan program S3 senilai Rp500.000
 

Setelah selesai melakukan pembayaran, calon mahasiswa diwajibkan melengkapi berkas lainnya. Seperti:

 

3. Proposal Tesis untuk S2 dan Proposal Disertasi S3.

 

4. Berusia maksimal 35 untuk S2 dan 45 untuk S3.

 

5. Sertifikat bahasa Inggris yang dikeluarkan oleh ETS, PTE Academic, IELTS, dan lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia dengan skor untuk S2: PTE Academic 50, TOEFL iBT 33, TOEIC 400, TOEFL ITP 450, IELTS 5.5;


Dan untuk S3 TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0 atau TOAFL 475 untuk S2 dan 500 untuk S3 yang dapat dipenuhi selambat-lambatnya ketika mahasiswa akan melaksanakan ujian proposal.

 

6. Sertifikat TPA dari lembaga yang diakui dengan nilai 450 untuk S2 dan 500 untuk S3 yang dapat dipenuhi selambat-lambatnya ketika mahasiswa akan melaksanakan ujian proposal.


Seluruh berkas pendaftaran yang meliputi Proposal, TOEFL dan TPA dikirim melalui email [email protected] dengan subjek email; Nama_Beasiswa S2/S3. Contoh: Aqil_Beasiswa S2


Kontributor: Suci Amaliyah
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×