Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Wapres Minta PCINU untuk Optimalkan Potensi Kader NU di Luar Negeri

Wapres Minta PCINU untuk Optimalkan Potensi Kader NU di Luar Negeri
"Kalian semua harus bisa memikirkan langkah-langkah NU ke depan supaya perannya optimal di dalam negeri maupun di luar negeri, di tingkat global."
"Kalian semua harus bisa memikirkan langkah-langkah NU ke depan supaya perannya optimal di dalam negeri maupun di luar negeri, di tingkat global."

Lampung, NU Online

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meyakini pengelolaan yang baik atas Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus NU yang tersebar di berbagai negeri dapat memberikan dampak pada kemaslahatan umat.


"Mengubah potensi menjadi kekuatan. Bagaimana potensi yang besar menjadi suatu kekuatan yang bisa kita jadikan gerakan melalui perbaikan-perbaikan," ujar Wapres saat menerima audiensi Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Luar Negeri di Ruang Diamond, Hotel Emersia Lampung, Rabu (22/12/2021).


Lebih lanjut, Wapres menyebut sebaran keanggotaan yang luas tersebut merupakan potensi besar bagi NU dalam menjalankan peran organisasi. Karenanya, ke depan, diperlukan perencanaan yang baik agar peran tersebut dapat semakin dirasakan di tingkat nasional dan global.


"Kalian semua harus bisa memikirkan langkah-langkah NU ke depan supaya perannya optimal di dalam negeri maupun di luar negeri, di tingkat global," katanya.


Wapres menyampaikan, peran yang saat ini telah dilakukan dengan baik di antaranya adalah dalam menjadi organisasi Islam yang moderat dan mengajarkan paham kebangsaan yang baik kepada umat. Namun, Wapres menilai, sisi lain pun harus dapat dioptimalkan sesuai dengan perkembangan zaman.


"Peran-peran di luar itu terutama ekonominya, ini yang belum. Oleh karena itu, bagaimana 100 tahun kedua ini supaya peran NU tidak hanya soal kebangsaan tetapi soal ekonomi dan peran globalnya," urai Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.


"Tentang climate change, Indonesia sedang menjadi Ketua G 20. Salah satu agendanya penanggulangan emisi nol persen. Saya kita kita mendorong pikiran ini," tambahnya.


Audiensi dilanjutkan dengan diskusi dan laporan dari beberapa perwakilan PCINU luar negeri yang hadir. Seluruh perwakilan secara singkat melaporkan program kerja dan kegiatan lainnya yang telah dilakukan di wilayah masing-masing.


Hadir dalam audiensi ini di antaranya PCINU Tiongkok Imron Rosyadi Ahmad, PCINU Brunei Darussalam Didi Supardi dan Saptono, PCINU Turki Ahmad Munji, PCINU Belanda Ibnu Fikri, PCINU Australia M Taqiyuddin, PCINU Mesir Tubagus Mansur, dan PCINU Malaysia M Taufik.


Sementara Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, serta Asisten Staf Khusus Wapres Sholahuddin Al-Aiyub, Asrori Karni, dan Yusro Santoso.


Pewarta: Syakir NF

Editor: Alhafiz Kurniawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×