Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Waspada! Sejumlah Wilayah Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini

Waspada! Sejumlah Wilayah Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini
Sejumlah Wilayah Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini
Sejumlah Wilayah Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan Hari Ini

Jakarta, NU Online 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi hujan disertai kilat/petir di beberapa wilayah Jakarta meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Rabu (5/10/2022). Hujan disertai kilat/petir diprediksi terjadi sore hingga menjelang malam.


“Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jakbar, Jaktim, Jaksel pada sore hingga malam hari," tulis BMKG dalam laman resminya, Rabu (5/10/2022).


Selain itu, BMKG juga merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. Potensi ini diperkirakan akan terjadi selama beberapa hari ke depan, mulai 5 Oktober hingga 7 Oktober 2022 mendatang.


Cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang terjadi lantaran adanya pengaruh dari sirkulasi siklonik yang terpantau di Kalimantan Utara dan Selat Makassar. Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat. 


Daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Perairan Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Utara, Papua hingga Papua Barat.


“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangan Peringatan Dini BMKG. 


Adapun 31 wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang pada 5 Oktober 2022 sebagai berikut:


Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

 
  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Bengkulu 
  7. Jambi
  8. Sumatera Selatan
  9. Kepulauan Bangka Belitung
  10. Lampung
  11. Banten 
  12. Jawa Barat
  13. DKI Jakarta
  14. Jawa Tengah
  15. Yogyakarta
  16. Jawa Timur
  17. Bali
  18. Nusa Tenggara Barat
  19. Nusa Tenggara Timur
  20. Kalimantan Barat 
  21. Kalimantan Tengah
  22. Kalimantan Utara
  23. Kalimantan Timur 
  24. Sulawesi Utara 
  25. Gorontalo
  26. Sulawesi Tengah
  27. Sulawesi Barat
  28. Sulawesi Tenggara
  29. Maluku Utara
  30. Papua 


Daftar wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

 
  1. Sulawesi Selatan


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa 
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×