Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ini 20 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang pada 20 September

Ini 20 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang pada 20 September
Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang pada 20 September di Indonesia
Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang pada 20 September di Indonesia

Jakarta, NU Online

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. Potensi ini diperkirakan akan terjadi Selasa (20/9/2022) besok.


Melansir meteo.bmkg.go.id, cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang terjadi seiring adanya pengaruh dari sirkulasi siklonik yang membentuk daerah konfluensi di Maluku dan Papua Barat.


Daerah konvergensi lainnya juga memanjang di Samudra Hindia barat Bengkulu, Aceh, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Utara, dari Sumatera Selatan hingga perairan barat Bengkulu, di kalimantan bagian tengah, di Sulawesi bagian tengah, di Maluku, di Papua Barat, dan di Papua.


“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, dalam keterangan Peringatan Dini BMKG, dikutip NU Online, Rabu (14/9/2022).


Adapun 25 wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang pada 20 September 2022 sebagai berikut:

A. Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Bengkulu
  6. Jambi
  7. Sumatera Selatan
  8. Lampung
  9. Jawa Barat
  10. Kalimantan Barat
  11. Kalimantan Tengah
  12. Kalimantan Utara
  13. Kalimantan Timur
  14. Gorontalo
  15. Sulawesi Tengah
  16. Sulawesi Selatan
  17. Sulawesi Tenggara
  18. Maluku
  19. Papua Barat
  20. Papua


B. Daftar wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

  1. Nusa Tenggara Barat
  2. Kalimantan Selatan
  3. Sulawesi Barat


C. Daftar Wilayah yang berpotensi angin kencang:

  1. Jawa Timur
  2. Bali


BMKG imbau masyarakat update monitor cuaca ekstrem

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan memonitor cuaca ekstrem dari berbagai media, termasuk BMKG.


“Masyarakat juga agar mengenali potensi bencana di lingkungan masing-masing. Misalnya, saya tinggal di perumahan yang dulunya wilayah cekungan, sehingga ketika hujan berpotensi banjir, kita bisa mengatasinya.” katanya.


Dia juga mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) harus menyiapkan infrastruktur untuk menampung air hujan. Dan, masyarakat juga diharapkan menerapkan disiplin buang sampah pada tempatnya.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×