Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Habib Ja’far Al-Kaff Akan Dimakamkan di Kudus, Sabtu

Habib Ja’far Al-Kaff Akan Dimakamkan di Kudus, Sabtu
Habib Ja'far bin Muhammad Al-Kaff. (Foto: Istimewa)
Habib Ja'far bin Muhammad Al-Kaff. (Foto: Istimewa)

Jakarta, NU Online
Habib Umar Muthohhar mengonfirmasi kabar wafatnya Habib Ja'far bin Muhammad bin Hamid bin Umar Al-Kaff yang sempat simpang siur di media sosial. Ia membenarkan berita tersebut. Rencananya, almarhum dimakamkan besok, Sabtu (2/1) di Kudus, Jawa Tengah.
 

“Insyaallah akan dimakamkan besok di Kudus, Jawa Tengah,” katanya didampingi saudara-saudara kandung almarhum, yakni Habib Hamid bin Muhammad (kakak), Habib Ahmad bin Muhammad (adik), dan Habib Bidin bin Muhammad (adik) pada Jumat (1/1).
 

Habib Umar Muthohhar tak menjelaskan lebih rinci mengenai waktu pemakaman. “Jamnya akan diumumkan lebih lanjut,” imbuhnya.
 

Berdasar informasi yang dihimpun NU Online, jenazah Habib Ja'far akan disemayamkan di kediaman ayahnya di Jalan Pangeran Puger Gang 2 Demaan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kemudian, almarhum akan dimakamkan di kompleks Pemakaman Muslim Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, di sebelah makam ayah dan datuknya.
 

Habib Umar menyampaikan bahwa Habib Ja’far wafat di Samarinda, Kalimantan Timur pada Jumat (1/1) sore. “Menyampaikan berita duka wafatnya Almarhum al-Habib wal Mahbub Habib Ja’far bin Muhammad bin Hamid Al-Kaff sore tadi di Samarinda,” ujarnya.
 

Menutup penyampaiannya, Habib Umar meminta doa dan permohonan maaf untuk almarhum. “Sekali lagi mohon semoga almarhum Habib Ja’far diberi husnul khatimah. Mohon maaf sebesar-besarnya,” lanjutnya.
 

Habib Umar memang dikenal sangat karib dengan Habib Ja’far. Dalam sebuah tayangan di kanal Youtube NU Online, habib asal Semarang, Jawa Tengah itu mengaku sudah saling mengenal dengan Habib Ja’far sejak tahun 1970-an.
 

“Masih tahun ’70-an sudah dekat dengan beliau. Artinya sering kontak, sering silaturahmi,” ujar Habib Umar dalam video yang diunggah pada Selasa (15/9/2020).
 

Dalam beberapa kesempatan, keduanya kerap tampil bersama di atas panggung, misalnya, dalam Haul Ke-7 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ciganjur, Jakarta Selatan, tahun 2016. Saat itu, Habib Umar diminta Habib Ja’far melanjutkan ceramahnya dengan menceritakan karamah Syekh Ibrahim bin Adham. Ia pun langsung menerima titah tersebut dan menceritakan mustajabnya doa waliyullah itu.


Pewarta:  Syakir NF
Editor: Mahbib Khoiron


 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Obituari Lainnya

Terpopuler Obituari

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×