Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Mengenang Prof H Lias Hasibuan, Tokoh Pendidikan NU di Jambi

Mengenang Prof H Lias Hasibuan, Tokoh Pendidikan NU di Jambi
Prof H Lias Hasibuan bin Baginda Manahan Hasibuan (Foto: istimewa)
Prof H Lias Hasibuan bin Baginda Manahan Hasibuan (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online 

Almarhum Prof H Lias Hasibuan bin Baginda Manahan Hasibuan adalah putra terbaik Jambi di bidang pendidikan. Berpulang pada Sabtu (1/10/2022) pukul 23.10 WIB di RSUD Raden Mattaher Jambi, almarhum juga merupakan tokoh pendidikan NU di Jambi.


Ia berjuang mendirikan perguruan tinggi NU di Jambi dan dipilih sebagai pemimpin pertamanya, yakni Rektor Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Jambi.


Gerakannya dalam dunia pendidikan juga diabdikan melalui jabatannya sebagai Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Jambi. Almarhum juga Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jambi dan Guru Besar UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.


Wakil Sekretaris PW ISNU Provinsi Jambi Aziz Mustakim mengatakan, bahwa Prof Lias merupakan figur panutan yang luar biasa dalam mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Karenanya, berpulangnya Prof Lias ke haribaan Ilahi menjadi kehilangan besar bagi warga Nahdliyin di Provinsi Jambi.


"Prof (Lias) bagi saya adalah selain seorang guru juga figur pemimpin yang baik, tulus dan ikhlas berbuat untuk kepentingan umat juga masyarakat, banyak sekali karya dan ide-ide beliau dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat Jambi," ujarnya.


Salah satu semangatnya adalah mendirikan perguruan tinggi NU yang saat ini sudah berdiri, yaitu ITSNU Jambi. "Bisa dikatakan beliau adalah pejuang pendidikan," katanya.


Selain itu, ia mengenalnya sebagai sosok ulama yang kharismatik dan toleran "Kni merupakan kehilangan yang sangat besar bagi warga Nahdliyin Jambi," ucap Aziz Mustakim


Ketua PW IPPNU Jambi Gita juga mengenal almarhum sebagai tokoh pendidikan. Sebab, almarhum merupakan seorang guru besar bidang pendidikan yang pemikiran dan gerakaannya total untuk kemajuan pendidikan khususnya Jambi.


"Sangat panjang story perjuangan almarhum dari pengembangan aspek pengembangan madrasah dan masih banyak lagi," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Biro ITSNU Jambi Muhammad Ali mengatakan beliau meninggal dunia cukup mendadak. Menurutnya, almarhum memiliki keteladanan dan komitmen yang kuat dalam menjalankan amanah.


"Selama kenal, keteladanan utama dari beliau adalah komitmennya yang kuat dalam menjalankan amanah, seperti terlihat dalam mengajar yang terencana dan disipilin yang tinggi," ujarnya.


"Selamat jalan Prof, Karya dan pemikiranmu akan selalu hidup bersama kami yang ditinggalkan," imbuhnya.


Senada,  Kepala Tata Usaha ITSNU Jambi Elfi mengatakan beliau adalah sosok pemimpin yang sangat mengayomi dan tegas. Sosok pemimpin yang mengajarkan banyak hal, khususnya dalam menjaga amanah dan jujur.


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Obituari Lainnya

Terpopuler Obituari

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×