Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Aswaja Career Expo Pekalongan Hadirkan Peluang Kerja

Aswaja Career Expo Pekalongan Hadirkan Peluang Kerja
Bupati Pekalongan (menggunting pita) saat membuka Aswaja Caeer Expo (Foto: Muiz/NU Online)
Bupati Pekalongan (menggunting pita) saat membuka Aswaja Caeer Expo (Foto: Muiz/NU Online)
Pekalongan, NU Online
Tingkat kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah semakin tahun semakin meningkat. Mereka berasal dari sejumlah sekolah di Kabupaten Pekalongan yang saat ini ada 32 SMK dan 26 SMA/MA atau sederajat. 

"Hal ini menjadi pendorong Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus (BKK) Kabupaten Pekalongan dalam rangka menyalurkan lulusan-lulusan yang ada di Kabupaten Pekalongan yang berminat untuk bekerja di perusahaan baik nasional maupun lokal," ujar Ali Masidi, Ketua Panitia Aswaja Career Expo Kabupaten Pekalongan tahun 2019 di SMK Ma'arif NU Kajen, Jumat (30/8).

Dijelaskan, BKK Aswaja merupakan wadah untuk para calon tenaga kerja usia lulusan SMK Kabupaten Pekalongan yang ingin bergabung di perusahaan.

“Aswaja Career Expo diselenggarakan oleh seluruh SMK yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kabupaten Pekalongan yakni lebih kurang 13 SMK dan diselenggarakan selama 2 hari yakni Jumat hingga Sabtu (30-31/8) di SMK Ma'arif NU Kajen,” katanya.

Adapun sasaran dari Aswaja Career Expo, kata Ali, tidak hanya lingkup lulusan SMK saja, akan tetapi juga berlaku bagi lulusan SMA, D3 maupun S1 (sarjana) yang berminat untuk bergabung di perusahaan baik lokal maupun nasional.

“Pelaksanaan Aswaja Career Expo ini adalah hasil kerja sama antara Kementerian Tenaga Kerja RI dengan Forum Komunikasi BKK Aswaja Kabupaten Pekalongan, dan diikuti oleh lebih kurang 32 perusahaan lokal dan nasional,” terang Ali Masidi.

Bupati Pekalongan H Asip Kholbihi usai membuka acara Aswaja Career Expo menyampaikan bahwa kegiatan itu dalam rangka untuk membuka kesempatan kerja tidak hanya untuk alumni Ma'arif NU saja tetapi berlaku untuk umum.

“Saya meyakini angkatan kerja di Kabupaten Pekalongan terserap cukup baik. Dengan tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Pekalongan yang cukup rendah yakni 4,55. Ini angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) terendah di Jawa Tengah,” tutur Bupati.

Bupati berharap dengan adanya Aswaja Career Expo ini, nantinya anak-anak sesuai kompetensinya akan mendaftar di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

“Tapi prinsip bahwa upaya Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka ini sangat serius dan menggandeng semua stakeholder. Seperti pada hari ini kita bersama LP Ma'arif NU,” tandasnya. 

Pewarta: Muiz
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile