Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kaderisasi Jantung Tubuh Ansor

Kaderisasi Jantung Tubuh Ansor
Suasana khidmah kaderisasi formal GP Ansor Guluk-Guluk. (Foto: NU Online/Hairul Anam)
Suasana khidmah kaderisasi formal GP Ansor Guluk-Guluk. (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Sumenep, NU Online

Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Gerakan Pemuda (GP) Ansor sangat penting diikuti oleh para pemuda. Sebab, PKD GP Ansor merupakan jantung kaderidasi di tubuh badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama.

 

"Para pemuda yang tidak ikut kaderisasi formal di NU maupun di banomnya, maka dia terbilang kekurangan alat vital berupa jantung. Kalaupun punya, bisa dipastikan akan kurang berfungsi secara sempurna," tegas Ketua GP Ansor Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kiai Nurul Yaqin.

 

Penegasan tersebut diketengahkan dalam pembukaan PKD GP Ansor Guluk-Guluk di lembaga pendidikan Raudhah Najihah, Lengkong, Bragung, Sumenep, Kamis (3/20). Kiai Nurul Yaqin cukup terkejut dan bersyukur atas semangat para pemuda Guluk-Guluk yang jumlahnya di luar dugaan jadi peserta PKD.

 

"Sebenarnya kami menargetkan 50 peserta, tapi sampai tembus 80 peserta. Alhamdulillah. Ini sebagai wujud nyata betapa para pemuda masih punya kesadaran tinggi untuk ber-NU lewat GP Ansor," tegas Kiai Nurul Yaqin.

 

Diterangkan, semangat pemuda dapat dilihat dari sejauh mana keikutsertaan mereka pada kaderisasi yang ada di tubuh NU atau banomnya.

 

"Sangat di luar dugaan peserta mencapai delapan puluh yang siap ikut PKD. Ini adalah tanda bahwa semangat pemuda Guluk-Guluk sangat luar biasa terhadap NU," tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua MWCNU Guluk-Guluk, Kiai MD. Widadi Rohim mengapresiasi PKD GP Ansor Guluk-Guluk. Bahkan, Kiai Widadi terlihat senang saat melihat antusiasme peserta dan kesemangatan panitia yang cukup tinggi.

 

"Mengingat kami baru terpilih, maka ini merupakan kado terindah di masa awal jabatan kami," ujarnya mantap.

 

Terlihat Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Guluk-Guluk dan Banom NU ikut hadir pada pembukaan PKD Ansor Guluk-Guluk itu. Ketua PC GP Ansor Kabupaten Sumenep M. Muhri tampak membuka pelaksanaan kegiatan tersebut.

 

"Kami selama ini melakukan traveling kaderisasi, tapi di PKD GP Ansor Guluk-Guluk adalah peserta terbanyak dibandingkan dengan pelaksanaan di tempat yang lain," ungkap M Muhri yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

 

Sebelum kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua PC GP Ansor Sumenep, terlebih dahulu dilakukan istighosah bersama yang dipimpin oleh pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah sekaligus Ro'is Syuriah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Guluk-Guluk, Kiai Ainul Yaqin.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile