Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LAZISNU Pekalongan Serahkan Rumah Layak Huni bagi Dhuafa

LAZISNU Pekalongan Serahkan Rumah Layak Huni bagi Dhuafa
Penyerahan kunci rumah layak huni dari LAZISNU Pekalongan untuk warga duafa. (Foto: LAZISNU Pekalongan)
Penyerahan kunci rumah layak huni dari LAZISNU Pekalongan untuk warga duafa. (Foto: LAZISNU Pekalongan)
Pekalongan, NU Online
Dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) ke-97 NU, NU Care-LAZISNU Kabupaten Pekalongan menyerahkan rumah layak huni kepada Carmin, seorang warga dhuafa disabilitas (tuna netra) yang hidup sebatang kara di Desa Larikan, Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
 
Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Pekalongan, Suharbadi, menuturkan bahwa kondisi rumah Carmin sangat mengkhawatirkan, reyot.
 
"Berlantai tanah, berdindingkan anyaman bambu yang sudah banyak berlubang. Reyot dan hampir roboh. Kalau hujan, bocor, dan angin ketika kencang sangat mengkhawatirkan bagi penghuninya," papar Suharbadi, Rabu (11/3) malam.

Dirinya mengungkapkan, kebutuhan hidup Carmin hanya mengandalkan dari bagi hasil penjualan anyaman bambu yang dibuatnya serta uluran bantuan dari tetangga.

Menurut Suharbadi, Rumah Layak Huni (RLH) tersebut sebagai kado atas Harlah NU yang ke-97 yang bertepatan pada tanggal 16 Rajab 1441 H atau 10 Maret 2020.
 
Rumah Layak Huni tersebut, lanjutnya, dibangun secara mandiri oleh NU Care-LAZISNU Kabupaten Pekalongan dalam program unggulan NU Peduli Bedah Rumah yang bersumber dari dana Koin (Kotak Infak) NU sebesar Rp 16 Juta.
 
"Alhamdulillah, berkah Koin NU, rumah Bapak Carmin bisa dibangun kembali oleh NU Care- LAZISNU Kabupaten Pekalongan, menjadi rumah yang layak huni. Sekarang Pak Carmin bisa menikmati hidup dengan tenang, tidak perlu khawatir dan tidak was-was lagi ketika turun hujan maupun angin kencang, serta bisa beribadah dengan tenang,” ungkap Suharbadi.
 
Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Pekalongan, KH Muslihk Hudlori, menyampaikan bahwa bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian NU terhadap warga tidak mampu.
 
"Inilah wujud kepedulian NU bagi warga duafa. Semoga rumah ini bermanfaat dan menambah berkah bagi kita semua warga NU di Kabupaten Pekalongan. Amin," tutur Kiai Muslihk saat penyerahan kunci rumah kepada Carmin.

Penyerahan kunci rumah dihadiri jajaran pengurus MWC NU Doro, serta disaksikan kepala desa dan warga setempat.
 
Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan
 
BNI Mobile