Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Cegah Penyebaran Covid-19, Ansor Trenggalek Sediakan Ratusan Disinfektan

Cegah Penyebaran Covid-19, Ansor Trenggalek Sediakan Ratusan Disinfektan
Ratusan liter disenfektan disiapkan Ansor Trenggalek untuk disebar ke sejumlah kecamatan. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Ratusan liter disenfektan disiapkan Ansor Trenggalek untuk disebar ke sejumlah kecamatan. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Trenggalek, NU Online
Penyebaran virus Corona atau Covis-19 semakin tidak terkendali. Hal tersebut diperparah dengan kegemaran warga yang senang berpergian kendati sudah ada anjuran untuk tinggal di rumah. Diperlukan kiprah berbagai kalangan agar keberadaan virus dapat dikendalikan.
 
Karenanya, upaya nyata dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Trenggalek Jawa Timur. Ikhtiar yang dilakukan adalah dengan membagikan ratusan liter disinfektan kepada 14 Pimpinanan Anak Cabang (PAC) GP Ansor atau kepengurusan di tingkat kecamatan. Hal tersebut untuk segera dilakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di ratusan tempat ibadah yang ada.
 
Kegiatan ini dilakukan sebagai respons Ansor kawasan tersebut dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dan bakteri lain yang ada di tempat ibadah dan fasilitas umum.
 
“Selain tempat ibadah seperti masjid dan mushala, kami juga melakukan penyemprotan di sejumlah madrasah,” ujar Ketua PC GP Ansor Trenggalek, M Izzudin Zakki, Kamis (26/3).
 
Dirinya menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 14 kecamatan yang ada di Trenggalek. Adapun lokasinya, dipilih tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat, dan belum pernah mendapatkan pelayanan penyemprotan. Dari mulai tempat ibadah hingga madrasah.
 
Dijelaskan bahwa untuk dapat membatasi atau bahkan mengendalikan sama sekali tersebarnya virus harus dilakukan secara simultan. Demikian pula tidak hanya bisa mengandalkan kekuatan pemerintah.
 
“Permasalahan Corona adalah tanggung jawab bersama. Untuk itu, kita gelar bakti sosial ini untuk membantu pemerintah,” ucapnya.
 
Dijelaskan pula bahwa virus Corona merupakan pandemi yang tidak hanya menyerang di wilayah Indonesia. 
 
“Di sejumlah negera juga mengalami hal serupa dan menelan banyak warga. Oleh karena itu, perlu penanganan yang serius agar masalah ini tidak berlarut-larut,” ungkapnya. 
 
Oleh sebab itu dirinya mengajak semua kalangan untuk saling bersinergi memastikan virus tidak tersebar dengan mudah. 
 
“Perlu pencegahan dini dan tindakan dari semua kalangan termasuk ormas, komunitas, LSM, Parpol dan lain lain agar penyebaran virus Covid-19 ini cepat berlalu,” pungkasnya. 
 
Kontributor: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile