Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ramadhan, Diktis Agendakan Tadarus Litapdimas Daring

Ramadhan, Diktis Agendakan Tadarus Litapdimas Daring
Secara teknis, Tadarus Litapdimas akan diselenggarakan secara rutin hari Selasa dan Kamis, pukul 10.30 hingga 11.30 WIB, secara online. Untuk pertama kalinya, kegiatan akan diselenggarakan pada hari Kamis, 23 April 2020. (Foto: pendis.kemenag.go.id)
Secara teknis, Tadarus Litapdimas akan diselenggarakan secara rutin hari Selasa dan Kamis, pukul 10.30 hingga 11.30 WIB, secara online. Untuk pertama kalinya, kegiatan akan diselenggarakan pada hari Kamis, 23 April 2020. (Foto: pendis.kemenag.go.id)
Jakarta, NU Online
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) akan menyelenggarakan 'Tadarus Litapdimas' secara online. Litapdimas merupakan kependekan dari penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat.
 
Tadarus Litapdimas ini sebagai ikhtiar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk mendiseminasikan dan mensosialisasikan karya akademik dosen perguruan tinggi keagamaan Islam, baik berupa riset, publikasi ilmiah (buku, artikel jurnal), pengabdian kepada masyarakat, maupun karya keilmuan lainnya,sehingga masyarakat luas dapat mengambil manfaat secara maksimal.
 
Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi antara Diktis dengan Wakil Rektor/Ketua PTKIN, LP2M/P3M PTKIN seluruh Indonesia yang digelar secara online, pada Selasa 14 April 2020.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim, menyatakan langkah ini menjadi terobosan penting bagi keluarga besar perguruan tinggi keagamaan Islam agar hasil atau karya dosen, baik riset, publikasi ilmiah, pengabdian kepada masyarakat itu bisa memiliki dampak secara signifikan, termasuk melalui media online.
 
"Ia bisa diketahui, memberi inspirasi, dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Meski dalam suasana Covid-19, ikhtiar untuk memberikan yang bersifat akademik tetap penting untuk kita lakukan," kata Arskal, Selasa (15/4).

Menurut Arskal, dunia pergurun tinggi keagamaan Islam memiliki produktivitas yang amat tinggi. Jika dikalkulasi, setiap tahun sekurang-kurangnya terdapat 4.000-an hasil riset yang dihasilkan.
 
"Belum lagi, buku dan artikel yang terpublikasi di berbagai jurnal itu juga massif. Di koleksi portal moraref.kemenag.go.id saat ini terdapat 54.087 artikel. Demikian juga best-practices pengabdian kepada masyarakat serta temuan-temuan yang dilakukan oleh perguruan tinggi keagamaan Islam juga demikian besar," papar Arskal.
 
Oleh karenanya, lanjut dia, perlu untuk disosialisasikan dengan berbagai macam media, tak terkecuali melaui media sosial.

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, menambahkan tradisi baru dalam platform 'Tadarus Litapdimas' dibangun atas dasar kesadaran perlunya silaturahim akademik dan kebermanfaatan temuan serta karya akademik dosen kepada masyaerakat secara luas.

Menurut Suwendi, secara teknis, Tadarus Litapdimas akan diselenggarakan secara rutin hari Selasa dan Kamis, pukul 10.30 hingga 11.30 WIB, secara online.
 
"Insyaallah, untuk pertama kalinya, akan diselenggarakan pada hari Kamis, 23 April 2020. Semoga Tadarus Litapdimas ini menambah keberkahan puasa di bulan suci Ramadan," pungkas Suwendi.
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile