Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Didukung MWCNU, TPQ Klaten Gunakan IT untuk Tunjang Pembelajaran

Didukung MWCNU, TPQ Klaten Gunakan IT untuk Tunjang Pembelajaran
Forum pertemuan TPQNU Juwiring, Klaten gagas IT untuk pembelajaran (Foto: NU Online/Eko)
Forum pertemuan TPQNU Juwiring, Klaten gagas IT untuk pembelajaran (Foto: NU Online/Eko)

 

Klaten, NU Online

Mempersiapkan diri untuk menghadapi era digitalisasi, Forum Komunikasi Bersama (FKB) Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Nahdlatul Ulama (NU) di seluruh wilayah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Juwiring, Klaten, Jawa Tengah mengagendakan pembentukan Tim Informasi Teknologi (IT) lewat pertemuan rutin pada Ahad (5/7).

 

"Tim IT ini sangat penting dan diperlukan karena mengingat keberadaan FKB ini di pedesaan. Tidak semuanya melek IT dan rencananya ke depan kita akan menyiapkan kurikulum bersama dengan program buku saku untuk masing-masing santri di tiap TPQ," papar Ketua FKB TPQNU H Badrun kepada NU Online, Senin (6/7).

 

Dikatakan, kegiatan yang berlangsung di gedung Islamic Center MWCNU Juwiring menggagas banyak hal, utamanya masalah IT. 

 

Hal tersebut dilakukan menimbang TPQ NU banyak tersebar di pedesaan sehingga tidak semua masyarakatnya melek IT. "Masalah IT ini sangat mendesak untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar santri," ucapnya.

 

Disampaikan, dalam forum yang telah didirikan 10 November 2019, dirinya mengaku program tersebut bukanlah kali pertama FKB membantu warga Nahdliyin untuk mengelola TPQ. 

 

"Beberapa waktu yang lalu forum ini turut menjembatani pihak TPQ dengan Kemenag Klaten dalam hal pengurusan Ijin Operasional (Ijop) dan Dana Intensif yang menjadi program kerja Pemprov di bawah kepimpinan Ganjar - Gus Yasin," jelasnya.

 

Disampaikan bahwa keberadaan forum yang memiliki tujuan sebagai wadah informasi, koordinasi, dan silaturahim antar TPQ berlatar belakang nahdliyin ini telah mendapat lampu hijau, baik dari Rais MWCNU Juwiring KH Muslim Habib dan Ketua MWCNU Fatkul Mubarok.

 

"Saya mengimbau supaya FKB TPQNU ini hendaknya tetap bersinergi dengan BADKO TPQ Kecamatan Juwiring," pesan KH Muslim Habib.

 

Masyarakat khususnya para pengajar di TPQNU Juwiring pun turut senang dengan keberadaan forum tersebut. Pasalnya, banyak hal yang bisa dikomunikasikan dalam pertemuan, sehingga hal-hal kesulitan saat mengajar bisa didapatkan solusinya di forum ini. 

 

"Saya gembira dan berharap penuh, semoga lembaga ini bisa menjadi Forum ukuwah bersama TPQNU di Juwiring," tutur salah satu anggota FKB TPQNU, Gianto.

 

Kontributor: Eko, Arindya
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile