PCNU Klaten: Lakpesdam NU Harus Fokus pada Bidangnya

PCNU Klaten: Lakpesdam NU Harus Fokus pada Bidangnya
Workshop dan Raker Lakpesdam NU Klaten dengan cara lesehan (Foto: NU Online/Eko)
Workshop dan Raker Lakpesdam NU Klaten dengan cara lesehan (Foto: NU Online/Eko)

Klaten, NU Online

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Klaten, Jawa Tengah H Mujiburohman mengatakan, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) merupakan lembaga yang dibentuk untuk melakukan kajian dan pengembangan SDM di NU.

 

"Oleh karena itu, lembaga ini harus fokus pada bidangnya untuk menyiapkan SDM yang mumpuni untuk mengisi pos-pos di tubuh NU," ujarnya.

 

Hal tersebut disampaikan pada acara Workshop dan Raker Lakpesdam NU Klaten  yang diselenggarakan di rumah salah satu anggota Lakpesdam Klaten, Weningpada Jumat (10/7).

 

Dikatakan, Lakpesdam sebagai bagian dari lembaga di NU kehadirannya sangat penting dalam menunjang kesejahteraan nahdliyin.

 

"Lakpesdam adalah think tanknya NU. Artinya (Lakpesdam) harus mampu menjadi tim yang dapat menganalisa berbagai hal. Di antaranya tentang pertanian, kesehatan, perekonomian, pendidikan, dan juga publik khususnya di Klaten," tuturnya.

 

Pengurus Cabang Lakpesdam NU Klaten M Eko Purnomo menjelaskan, kegiatan Workshop sekaligus Raker bertujuan untuk merumuskan rencana strategis program kerja Lakpesdam Klaten untuk lima tahun ke depan.

 

"Sekaligus mensinergikan program kerja Lakpesdam periode masa khidmat sebelumnya ini dengan menghasilkan 4 rekomendasi program," ungkapnya.

 

Workshop dan Raker model Lakpesdam NU KLaten, Jateng cukup dengan lesehan (Foto: Eko)

 

Disampaikan, dalam gelaran Workshop dan Raker ini Lakpesdam NU KLaten telah menyusun 4 rekomendasi, antara lain pengadaan sekolah para legal hukum untuk jajaran pengurus NU baik di tingkat PC dan atau MWC dan menyusun data baseline survei layanan hak dasar warga nahdiyin untuk langkah awal dalam kerja analisis program.

 

"Selain itu, juga menyelenggrakan kajian sosial agama dan budaya baik secara online maupun secara langsung dan mengadakan pertemuan rutin tiap dua bulan sekali dan pertemuan temporal sesuai kebutuhan," paparnya.

 

Kepada NU Online, Sabtu (11/7) Eko Purnomo menyampaikan, meski waktu pelaksanaan sempat tertunda akibat kendala teknis,  dirinya berharap dengan adanya Workshop dan Raker tersebut kinerja dan rencana strategis organisasi Lakpesdam PC NU Klaten masa khidmat 2020 – 2025 menjadi lebih terarah.

 

"Ini penting bagi Lakpesdam untuk mencapai target maksimal sesuai program kerja  masing–masing bidang kepengurusan," pungkasnya.

 

Kontributor: Eko, Arindya
Editor: Abdul Muiz
 

BNI Mobile