Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kader Ansor-Banser Diminta Tetap Satu Komando

Kader Ansor-Banser Diminta Tetap Satu Komando
Pelantikan Pengurus PAC GP Ansor Kramat, Kabupaten Tegal periode 2020-2022 (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Pelantikan Pengurus PAC GP Ansor Kramat, Kabupaten Tegal periode 2020-2022 (Foto: NU Online/Nurkhasan)

Tegal, NU Online

Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah H Khaeru Saleh mengingatkan, Gerakan Pemuda Ansor dan Banser harus tetap dalam satu barisan satu komando. 

 

"Terlebih dalam menghadapi kelompok yang ingin mengusik NU dan NKRI," tegasnya.

 

Hal itu dikatakan Khaeru Saleh saat Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Jawa Tengah masa khidmat 2020-2022, Ahad (30/8) di Gedung MWC NU Kramat.

 

"Ansor harus semangat menjaga marwah ulama NU dan menjadi benteng NKRI. Selain itu, kader Ansor juga harus mau ngaji. Ansor harus cinta NU, kalau cinta NU pasti cinta Islam, kalo cinta Islam belum tentu NU," tandasnya.

 

Bupati Tegal Hj Umi Azizah yang hadir dalam kesempatan itu mengungkapkan, perlunya penguatan akidah Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) An-Nahdiyah dan penguatan ideologi Pancasila dalam bingkai NKRI yang damai dengan mengakomodir kebhinnekaan. 

 

"Saya juga mengingatkan warga NU harus cerdas dan bijak dalam bermedsos agar tidak terpapar pemahaman yang salah seperti terorisme dan radikalisme," ungkapnya.

 

Umi yang juga Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal itu juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi warga Kabupaten Tegal dalam menerapkan protokol kesehatan di era kenormalan baru (New Normal), sehingga Kabupaten Tegal termasuk kabupaten yang rendah kasus Covid 19," urainya.

 

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kramat Kusno Winarto kepada NU Online, Selasa (1/9) menuturkan, program prioritas Ansor Kramat usai pelantikan yakni fokus pada penataan organisasi dan kaderisasi anggota.

 

"Usai dilantik, segera akan dilakukan konsolidasi organisasi di tingkat ranting Ansor yang sudah habis masa khidmadnya untuk segera melaksanakan Rapat Anggota. Insyaallah kita targetkan September clear," ungkapnya.

 

Selain itu lanjut Kusno, meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Ansor Kramat juga bakal segera menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) untuk menjaring kader-kader militan Ansor.

 

"Awal Oktober 2020 ini kita programkan untuk melaksanakan PKD dan siap mensukseskan Konferensi MWCNU Kramat," katanya.

 

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Wakil Sekretaris PW GP Ansor Jawa Tengah Khaeru Saleh didampingi Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Tegal Abdul Basir. 

 

Agenda Pelantikan Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Kramat masa khidmat 2020-2022 juga dibarengkan dengan Pembukaan bersama Konferensi MWC NU Kramat, PAC Muslimat NU, PAC Fatayat NU dan Musyawarah Ranting NU se Kecamatan Kramat.

 

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Tegal Hj Umi Azizah, Ketua MWCNU Kramat H Sodirin, Muspika Kecamatan Kramat, Pimpinan Badan Otonom NU, PC Muhammadiyah Kramat, Pemuda Muhammadiyah, Pengurus Nasiatul Aisiyah. 

 

Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz

BNI Mobile