Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Lewat Kartanu, PCNU Brebes Perkuat Pendataan Nahdliyin

Lewat Kartanu, PCNU Brebes Perkuat Pendataan Nahdliyin
Sosialisasi Kartanu oleh PCNU Brebes. (Foto: dok. istimewa)
Sosialisasi Kartanu oleh PCNU Brebes. (Foto: dok. istimewa)

Brebes, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten (PCNU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah bekerja sama dengan BRI Cabang Bumiayu melaksanakan Sosialisasi Pembuatan Kartanu di Gedung PCNU Brebes, Ahad kemarin. Kegiatan ini mengundang seluruh MWCNU se-Kabupaten Brebes.


Dalam acara tersebut, Wakil Ketua PCNU Brebes Samsul Mu’arif dalam sambutannya mengatakan, Kartanu tidak hanya sebagai bukti tanda pengenal identitas warga NU, tetapi juga berfungsi ganda seperti layanan ATM, e-Toll, dan lain-lain.


“Kartanu ini memberikan manfaat untuk menabung, alat transaksi keuangan dan pembayaran, sebagai bagian dari ikhtiar khidmat jamiyah kepada umat. Kartanu model ini sudah diresmikan oleh PBNU dengan menggandeng pihak ketiga yakni BRI dan Mandiri,” ujar Samsul Mu’arif.


Menurutnya, Kartanu dapat digunakan untuk hal manfaat lain yang bisa dikerjasamakan dengan para pihak yang memiliki komitmen sama. Pendataan warga untuk Kartanu menggunakan aplikasi yang diadopsi dari PCNU Boyolali.


Sementara itu, Wakil Rais KH Labib Shodiq dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa NU merupakan organisasi sosial keagamaan. Jadi menjadi pengurus NU itu mulia karena program-programnya berbasis sosial-kemasyarakatan dengan tetap memegang teguh ajaran agama.


“Agama ini termasuk membahas pendidikan, maka kami mengimbau para pengurus agar bisa mencatat  siapa saja masyarakat yang belum bisa mengakses pendidikan karena keterbatasan ekonomi agar pengurus bisa memfasilitasi pendidikan mereka,” tutur Kiai Labib.


Selesai acara sosialisasi Kartanu, Ketua Tim Kartanu PCNU Brebes Roni Andi Krisna mengatakan, sudah saatnya warga Brebes memiliki Kartanu bukan hanya sekadar kartu identitas saja.


Ia juga mengatakan supaya semua warga NU di Kabupaten Brebes didata dan dibuatkan ATM BRI Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu).


Hal ini dilakukan selain untuk mengetahui seberapa banyak warga NU yang berada di Kabupaten Brebes juga mempermudah warga dalam menabung, transaksi kebutuhan sehari hari dan masih banyak keuntungan yang lain.


Pembuatan Kartanu ini didasari oleh hasil Muktamar ke-32 NU di Makassar tentang pendataan warga NU secara nasional. Serta dalam rangka memperkuat tertib administrasi di kalangan anggota dan warga NU.


Dari pihak BRI Sutresno menyampaikan, pihaknya berharap inklusi keuangan atau akses layanan perbankan di Indonesia dapat lebih luas dan menjangkau hingga ke wilayah terpencil. Lewat Kartanu ini, anggota NU bisa membuka rekening tabungan.


Produk yang akan dibuatkan untuk Kartanu nanti yang memakai Produk BritAma dengan tipe yang berbeda dan dengan ketentuan khusus. Bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.


Editor: Fathoni Ahmad

BNI Mobile