Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
BULAN GUS DUR

Menulis Skripsi tentang Gus Dur Dapat Beasiswa di FAH UIN Jakarta

Menulis Skripsi tentang Gus Dur Dapat Beasiswa di FAH UIN Jakarta
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Foto: fah.uinjkt.ac.id)
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Foto: fah.uinjkt.ac.id)

Jakarta, NU Online

KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merupakan tokoh nasional yang memiliki segudang talenta. Ia seorang intelektual parexcellent (sangat baik). Penguasaannya terhadap tradisi keilmuan Islam maupun ilmu sosial kontemporer tidak diragukan lagi. 


Gus Dur juga seorang aktivis yang memperjuangkan berbagai isu, peminat berbagai jenis music, dan pemerhati olahraga. Di samping itu, ia juga seorang yang sangat humoris. Kekayaan berbagai anekdot dan leluconnya tidak pernah habis. 


Ia pernah pula memimpin organisasi muslim terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama. Bahkan, Gus Dur juga seorang Presiden keempat Republik Indonesia. Berbagai karya tulis tentangnya telah dihasilkan oleh banyak sarjana. Namun masih ada sisi-sisi Gus Dur yang menarik dan penting untuk dikaji dan ditulis.


Oleh karena itu, untuk membangkitkan minat generasi milenial mengenal lebih jauh sosok Gus Dur, Wahid Foundation bekerja sama dengan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswi yang tengah menulis skripsi tentang Gus Dur. 


Beasiswa akan diberikan dalam bentuk bantuan uang tunai senilai total Rp10.000.000 untuk lima mahasiswa. Dana tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan terkait penelitian dan penulisan skripsi.


Berikut persyaratannya:

 

1) Terdaftar sebagai mahasiswa aktif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

2) Telah dinyatakan lulus dalam seminar proposal (atau setara dengan itu).

3) Menulis skripsi tentang Gus Dur dengan pendekatan program studi (prodi) masing-masing.

4) Mampu menyelesaikan skripsi dalam waktu maksimal satu tahun.

5) Bersedia menerbitkan dalam bentuk makalah atau artikel di jurnal terindeks Sinta.


Sementara itu, pendaftaran beasiswa sampai 31 Maret 2021. Sedangkan seleksi berkas akan dilakukan pada 16 April 2021. Untuk pengumuman penerima beasiswa akan dilangsungkan pada 30 April 2021. 


Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, anda bisa mendaftar beasiswa tersebut dengan klik tautan https://bit.ly/3qW8NVx. Informasi tersebut juga bisa diakses melalui tautan https://fah.uinjkt.ac.id/.


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

 

​​​​​​​

Posisi Bawah | Youtube NU Online