IMG-LOGO
Daerah

Badko TPQ Jateng Pacu Mutu 28 Ribu TPQ


Jumat 30 September 2011 10:38 WIB
Bagikan:
Badko TPQ Jateng Pacu Mutu 28 Ribu TPQ

Semarang, NU Online
Badan Koordinasi (Badko) Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Jawa Tengah  tengah berupaya mengembangkan mutu TPQ di wilayah Jateng. Sebanyak 28 TPQ yang aktif di Jawa Tengah akan dipacu pengembangan kualitasnya dengan standar yang baik.

Ketua Umum Badko TPQ Jateng Ateng Chozani Miftah mengatakan, untuk mengembangkan TPQ, pihaknya akan menggelar pelatihan-pelatihan tentang teknik pengajaran Al-Qur'an  yang baik kepada para ustadz/ustadzah. Diantaranya pelatihan teknik bercerita sebagai metode efektif untuk pengajaran sejarah Islam. Bukan melulu teknik mengajari mengaji kepada santri.
<>
“Kami merancang program pelatihan untuk para ustadz/ustadzah TPQ. Diantaranya pelatihan mendongeng,” tuturnya.

Program yang telah berjalan efektif, lanjutnya, adalah ujian dan wisuda bersama. Di beberapa daerah termasuk Semarang sudah melakukan hal itu. namun daerah lain belum, maka perlu diupayakan sosialisasinya. 

Untuk mengikuti ujian bersama, tambah Ateng, perlu diterapkan sistem akreditasi. Yakni agar TPQ memiliki standar tertentu yang bisa diuji secara bersama.

Dia sampaikan pula, Badko TPQ Jateng mendapat kepercayaan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) untuk mengembangkan PAUD Berbasis Al-Qur’an di seluruh institusi PAUD yang ditumbuhkan. Jika program ini berhasil, Kemendiknas akan menerapkannya di tingkat nasional,” tambahnya.

“Kami mendapat amanah dari Kemendiknas untuk membaut PAUD berbasis Al-Qur'an. Program sejak 2010 ini telah bisa kami laksanakan, dengan wujud 590 unit,” jelasnya. 

Selain TPQ dan PAUD, pendidikan Al-Qur'an  bagi bayi dalam kandungan juga di kembangkan. Materinya berupa pembacaan Al-Qur'an , pendengaran musik, ceramah dan sebagainya.

“Tujuannya, agar ibu hamil tenang sehingga si bayi sehat,” pungkasnya.

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Ichwan

Bagikan:
IMG
IMG