Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Sumber Moral dan Kritik Sehat pada Pemerintah

NU Sumber Moral dan Kritik Sehat pada Pemerintah
Surabaya, NU Online
Berbagai harapan diberikan kepada NU usai Muktamar terlebih hubungannya terhadap pemerintah. Karena NU harus menjadi sumber moral dan memberikan kritik yang sehat kepada pemerintah.

Untuk itu, Ketua Tandfidziyah PWNU Jatim Mutawakil Alallah meminta dalam kegiatan berpolitik, NU seharusnya berada dalam posisi mengedepankan langkah politik kebangsaan, bukan politik kepentingan atau kepartaian.<>

"Kader-kader dan tokoh NU yang terjun dan berjuang dalam dunia politik, bukan menjadi politisi yang instan. Jangan hanya pandai berdebat dan adu mulut, tapi lebih berorientasi untuk pengabdian dan pelayanan umat," tegasnya saat acara Harlah NU ke-87 di kantor PWNU Jatim, Jl Masjid Agung Surabaya, Selasa (29/6) seperti dilansir beritajatim.com.

Tema Harlah NU kali ini adalah 'Dengan Harlah NU, Kita Tingkatkan Ketertiban Organisasi, Menjaga dan Mengokohkan Aqidah Ahlussunnah Waljamaah dan Moralitas Bangsa'.

Acara dihadiri Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Ketua PBNU sekaligus Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wawali Surabaya Arif Afandi, Rais Syuriah PWNU Jatim KH Miftakhul Akhyar, Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin, dan Bupati Gresik Robbach Maksum.

Mutawakil juga mengkritisi banyak anak-anak muda NU saat ini yang ditarik kepentingan ke kanan (Fundamentalisme Islam) dan dan ke kiri (Islam Liberal). Akibatnya, NU kesulitan menarik pikiran generasi muda untuk kembali ke pikiran murni NU.

"Kalau dibiarkan terus, saya tidak bisa bayangkan apakah NU 5 tahun ke depan masih bisa besar seperti sekarang ini," tuturnya.

Untuk itu, ditambahkan dia, PWNU Jatim akan mematangkan konsep kaderisasi yang jelas dan sifatnya doktriner serta visioner. Yakni, melalui pembentukan lembaga pengkaderan dengan melibatkan ISNU, IPNU, IPPNU, Litbang NU dan PMII.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan peresmian minimarket PWNU Jatim dengan konsep perbankan syariah yang dikelola Lakpesdam NU dan meluncurkan wajah baru webiste www.nujatim.or.id. (mad)


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×