Nasional

Alissa Wahid: Buya Syafii Tak Segan Bersepeda Belanja Bahan Dapur di Warung

Sel, 31 Mei 2022 | 19:30 WIB

Alissa Wahid: Buya Syafii Tak Segan Bersepeda Belanja Bahan Dapur di Warung

Buya Ahmad Syafii Maarif. (Foto: Maarif Institute)

Jakarta, NU Online

Koordinator Jaringan Gusdurian Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid berkesempatan berkunjung atau melakukan takziah ke kediaman almarhum Buya Syafii Maarif, di Perumahan Nogotirto II, Gamping, Sleman, Yogyakarta, pada Senin (30/5/2022) malam. 


Pada kesempatan itu, Alissa Wahid tampak ditemani oleh beberapa perwakilan dari Sekretariat Nasional (Seknas) Gusdurian, antara lain Jay Akhmad dan Mukhibullah Ahmad. Mereka menemui istri Buya Syafii, Umi Nurchalifah dan putranya Mohammad Hafiz. 

ADVERTISEMENT BY OPTAD


“Begitu banyak pelajaran berharga yang tidak terbayangkan sebelumnya,” ucap Alissa Wahid melalui akun twitter pribadinya, dikutip NU Online, pada Selasa (31/5/2022) malam.


Dari obrolan bersama Umi Nurchalifah dan putranya itu, Alissa Wahid baru mengetahui kebiasaan hidup Buya Syafii yang sangat sederhana. Salah satunya, ketua umum Pimpinan Pusat Persyarikatan Muhammadiyah 1998-2005 itu kerap bersepeda untuk berbelanja ke warung. 

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


“Kami baru tahu, Buya Syafii Maarif tak segan bersepeda belanja bahan dapur di warung-warung, bahkan garam, kelapa. Beliau juga mencuci pakaiannya sendiri. Betapa sederhananya Beliau. Untuk Buya Syafii, alfatihah,” kata Alissa Wahid.


Sebelumnya, perempuan yang kini menjabat sebagai salah satu ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu bersama Jaringan Gusdurian telah menziarahi makam Buya Syafii di Pemakaman Husnul Khatimah Donomulyo Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, pada Ahad (29/5/2022) pagi.

ADVERTISEMENT BY OPTAD


Ia juga meminta izin kepada warga Persyarikatan Muhammadiyah untuk membacakan tahlil dan mendoakan Buya Syafii yang merupakan guru bagi umat Islam dan bangsa Indonesia. Alissa juga mengaku telah meminta izin kepada keluarga untuk melakukan pembacaan tahlil di makam Buya Syafii. 


“Semoga menjadi kesaksian atas kebaikan budi Buya, sebagai amal jariyah beliau yang telah mendidik bangsa. Buya Syafii sudah tenang dalam dekapan cinta-Nya. Sekarang kita yang harus meneruskan perjuangannya untuk merawat Indonesia yang adil dan beradab,” kata Alissa melalui akun Instagramnya. 

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Secara pribadi, Buya Syafii Maarif kerap menjadi tempat bagi Alissa Wahid untuk meminta petuah dan nasihat ketika sedang menghadapi kondisi bangsa yang sedang pelik. Buya Syafii merupakan tempat berlabuh bagi putri sulung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu. 


“Setiap kali saya sudah merasa 'mentok tembok' menghadapi kondisi bangsa, saya berlabuh mohon petuah Buya Maarif,” ungkap Alissa. 


Alissa mengungkapkan bahwa Buya Syafii Maarif merupakan tokoh yang sangat dihormati Gus Dur. “Buya pernah mengatakan hubungan beliau berdua membantu Buya lebih luwes melihat soal bangsa dan agama,” ujar Alissa.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


Pewarta: Aru Lego Triono

Editor: Fathoni Ahmad

ADVERTISEMENT BY ANYMIND