Nasional

Begini Kriteria Guru yang Baik menurut Kiai Asep Saifuddin Chalim

Rab, 8 Desember 2021 | 09:00 WIB

Begini Kriteria Guru yang Baik menurut Kiai Asep Saifuddin Chalim

Tangkap layar Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Asep Saifuddin Chalim pada Grand Launching gurumerdeka.id dan Pelatihan Kompetensi Dasar Program Pengembangan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah Profesional Berbasis LMS Menuju World Class Teacher​​​​​​​, Senin (6/12/2021).

Jakarta, NU Online
Guru yang paling baik adalah mereka yang menguasai kompetensi dan mereka yang memiliki tanggung jawab untuk mampu mentransferkan muatan kurikulum kepada seluruh peserta didik secara tuntas.


"Tuntas muatan dan tuntas jangkauan," ujar Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Asep Saifuddin Chalim pada Grand Launching gurumerdeka.id dan Pelatihan Kompetensi Dasar Program Pengembangan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah Profesional Berbasis LMS Menuju World Class Teacher, Senin (6/12/2021) diakses dari Youtube Pergunu.


Kiai Asep mengatakan jangan takut menjadi guru, tetapi laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya yaitu mentransferkan muatan kurikulum secara tuntas kepada seluruh peserta didik tanpa terkecuali.

ADVERTISEMENT BY OPTAD

 

"Jangan yang pandai hanya dua, tiga orang tetapi seluruh peserta didik pandai semua. Insyallah ketika demikian yang kita lakukan kita akan mendapatkan kesejahteraan. Dari mana kesejahteraan itu, Allah sendiri yang menjanjikan," imbuh Pendiri Pondok Pesantren Amanatul Ummah.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

 

Pergunu meluncurkan aplikasi gurumerdeka.id. Dengan demikian Pergunu akan menambah metodologi dalam bentuk seperti apapun untuk bisa mentransferkan ilmu secara lebih baik dalam kondisi apapun kepada peserta didik. "Jadilah guru yang baik atau tidak sama sekali," pungkasnya.
 

ADVERTISEMENT BY OPTAD

Sumber daya unggul

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Ir Wahid Wahyudi mengatakan sumber daya manusia yang unggul adalah modal dasar bagi kemajuan bangsa. Untuk menyiapkannya SDM unggul itu satu satunya jalan adalah pendidikan.

ADVERTISEMENT BY ANYMIND


"Saat ini hadir teknologi digital sehingga kami memberikan apresiasi di mana Pergunu punya perhatian besar di dalam mengembangkan literasi digital yang salah satunya launching pada pagi hari ini," ujarnya.


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada guru-guru NU yang bersemangat luar biasa meskipun pada masa pandemi Covid-19. Lebih lanjut lagi ia mengatakan bahwa semua guru harus bisa mempersiapkan belajar jarak jauh atau pembelajaran secara online.


"Saya bangga bahwa hadirnya teknologi digital ini mampu mengubah peradaban dunia, termasuk Pendidikan. Keberadaan teknologi digital ini mari kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengantarkan putra-putri kita," ucapnya.
 

ADVERTISEMENT BY ANYMIND

Kontributor: Malik Ibnu Zaman
Editor: Kendi Setiawan
 

ADVERTISEMENT BY ANYMIND