Daerah

1200 Pencak Silat Ikuti Turnamen Terbuka NU NTB Cup 2023

Sab, 28 Oktober 2023 | 20:00 WIB

1200 Pencak Silat Ikuti Turnamen Terbuka NU NTB Cup 2023

Suasana pembukaan turnamen terbuka kejuaraan Pencak Silat NU NTB Cup dalam rangka Hari Santri tahun 2023 di GOR Turide Mataram, NTB. (Foto: Dok Pagar Nusa NTB)

Mataram, NU Online
Pengurus Wilayah Ikatan Pencak Silat NU Pagar Nusa Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan turnamen terbuka kejuaraan Pencak Silat NU NTB Cup selama 5 hari dalam rangka Hari Santri tahun 2023 di GOR Turide Mataram pada Ahad-Kamis, 22-26 Oktober 2023.


Ketua LTNNU NTB Suaeb Qury dalam sambutannya mengapresiasi Pagar Nusa NTB yang mampu mengonsolidasi sebanyak 1600 peserta. “Pencak Silat Pagar Nusa ini luar biasa karena mampu mengoordinasi, mengonsolidasi, melalui NU NTB Cup,” kata mantan Ketua GP Ansor NTB ini.


Turnamen NU NTB Cup ini, lanjut dia, merupakan wadah bagi siswa maupun umum untuk dibimbing, dilatih, dan mengorbitkan agar para peserta kompetisi menjadi juara di tingkat yang lebih tinggi, yakni nasional dan internasional.


Di bawah kepemimpinan Mustain Nasrullah, lanjut Suaeb, Pencak Silat Pagar Nusa NTB mampu meraih 2 emas dan 9 perak di Pekan Olah Raga Santri yang diselenggarakan di Surakarta, Jawa Tengah, pada tahun 2022 lalu.


Sementara, Wakil Sekretaris PWNU NTB H Lalu Daud Nurjadi dalam sambutannya mengharapkan tradisi juara dalam setiap pertandingan bagi Pencak Silat Pagar Nusa bisa dipertahankan.


Di samping itu, pertandingan ini juga diharapkan menjadi bagian dari persiapan NTB sebagai tuan rumah Pekan Olahrga Nasional (PON) pada tahun 2028 mendatang.


Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan NTB sebelum membuka acara menyampaikan harapan agar kompetensi tersebut dijalankan dengan sportif. Ia juga meminta para orang tua untuk mendukung, mengawasi, membimbing untuk berperestasi dibidang olah raga.


“Hari ini juga momen Hari Santri 22 Oktober 2023, semoga santri terus berperestasi, kepada peserta buatlah bangga orang tua, sekolah atau pondok-pondok yang mengutus untuk berprestasi di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional,” harapnya.


Tak hanya tu, dia juga meminta kepada wasit agar sportif karena peserta sedang dididik. “Mohon kepada wasit agar sportif karena anak-anak sedang kita didik, boleh berprestasi tapi tidak boleh melanggar pola pola pendidikan,” tutupnya.


Sebelumnya, Ketua PW Pagar Nusa NTB Mustain Nasrullah menyampaikan pesertanya berjumlah 1.200 zona Lombok dan 600 peserta zona Sumbawa. Adapun kategori usia mulai dari usia dini pra remaja, remaja, dan dewasa.


Mustain merincikan kejuaraan tersebut dua zona yang zona se-pulau Lombok dengan jumlah peserta 1.200 yang dipusatkan di padepokan Pencak Silat Turida Kota Mataram 22-26 Oktober 2023. Sedangkan zona se-pulau Sumbawa dengan jumlah peserta 600 diagendakan pada 3-7 November 2023 di Gedung Paruga Samakai Dompu, NTB.


NU NTB Cup yang diinisasi oleh Pagar Nusa NTB dalam rangka Menyambut Hari Santri Nasional 2023 dan diikuti oleh semua perguruan pencak silat yang ada di NTB.


“Saya berharap agenda ini berkelanjutan dalam mensyiarkan NU dan Pagar Nusa,” kata alumnus Fakultas Teknik Universitas Mataram ini.


Para peserta akan merebutkan juara dengan dua kategori, yaitu kategori kejuaraan prestasi dan permasalan. Kategori prestasi yang menentukan juara umum yang dihitung dari jumlah medali yang didapatkan kontingen yang mendapatkan medali terbanyak akan mendapat juara 1, 2, dan 3.


Sedangkan kategori pemasalan menjadi ajang uji coba bagi para atlet baru untuk mendapatkan jam terbang untuk meningkatkan prestasinya atlet yang mendapat juara di kategori ini tidak masuk perhitungan jumlah medali juara umum.