Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Amalan agar Tanaman Tumbuh dengan Baik

Amalan agar Tanaman Tumbuh dengan Baik
Mengamalkan doa saat hendak menanam sebagai wujud tawakkal
Mengamalkan doa saat hendak menanam sebagai wujud tawakkal

Pringsewu, NU Online 
Saat mengerjakan sesuatu sebagai sebuah ikhtiar untuk meraih apa yang diharapkan, kita juga dianjurkan untuk bertawakkal kepada yang menentukan takdir di dunia yakni Allah swt. Tawakkal ini bisa diwujudkan dalam bentuk berdoa kepada Allah swt dengan harapan apa yang diusahakan dapat berhasil maksimal.

 

Seperti saat kita menanam tumbuhan agar bisa tumbuh dengan baik. Selain harus diikhtiari dengan menanam dan merawat dengan baik, kita juga dianjurkan untuk berdoa menyerahkan diri kepada Allah swt agar tumbuhan yang ditanam dapat hidup dengan baik.

 

Terkait dengan doa saat menanam tumbuhan, Pengasuh Pesantren Nurul Ummah Pringsewu KH Sujadi memberikan sebuah amalan doa saat menanam tumbuhan. Doa ini diambil dari ayat salah satu ayat Al-Qur’an yang menggambarkan bahwa segala sesuatu yang hidup di dunia ini berasal dari air.

 

“Saat menanam baca ayat ini tiga kali dan dalam setiap siramannya dibacakan ayat ini,” kata Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pringsewu ini dalam Kajian Tafsir Al-Qur’an pada Senin (15/8/2022).

 

Ayat Al-Qur’an yang dimaksud adalah potongan ayat 30 surat Al-Anbiya yakni: وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ yang artinya: “Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; kehidupan dimulai dari air”.

 

Ia mengungkapkan bahwa dengan doa yang dipanjatkan ini, diharapkan Allah swt akan senantiasa memberikan kehidupan pada tumbuhan tersebut melalui wasilah air yang diciptakan Allah untuk kehidupan. Air lanjutnya, menjadi bagian tak terpisahkan dari tumbuhan termasuk dalam kehidupan manusia.

 

Selain digunakan sebagai sumber kehidupan, lanjut ulama yang karib disapa Abah Sujadi ini, air juga diciptakan Allah swt untuk membersihkan dan menyucikan diri. Di antaranya dengan ritual ibadah berwudhu yang menyucikan jasmani dan rohani.

 

“Kalau hati sedang sumpek maka berwudhulah. Insyaallah hati akan tenang. Jika ada yang sedang marah, maka berwudhulah, insyaallah hati akan tenang dan sejuk kembali,” katanya.

 

Air wudlu juga, imbuhnya, dapat memberikan dampak positif terhadap kondisi kejiwaan dengan turunnya rahmat dari Allah swt. Sehingga akan lebih baik bagi setiap Muslim untuk senantiasa merutinkan berwudhu.

 

“Melanggengkan wudhu insyaallah akan mampu senantiasa mendatangkan rahmat dari Allah swt,” pungkasnya.

 

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×