Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Banser Cilongok Berlatih Keahlian Penyelamatan di Air

Banser Cilongok Berlatih Keahlian Penyelamatan di Air
Water Rescue yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Cilongok, Banyumas di Danau Kumpe, Sabtu (27/3). (Foto: Istimewa)
Water Rescue yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Cilongok, Banyumas di Danau Kumpe, Sabtu (27/3). (Foto: Istimewa)

Banyumas, NU Online
Kemampuan Water Rescue (Penyelamatan di air) menjadi keahlian yang sangat penting dikuasai oleh tim penyelamat bencana di Kabupaten Banyumas. Pasalnya, di daerah ini seringkali terjadi kejadian bencana alam seperti musibah banjir, orang hanyut, banjir bandang, tanah longsor dan sebagainya.


Inilah yang mendasari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Cilongok, Banyumas untuk terus menambah kesiapan dan kesigapan kader Banser dalam ikut menangani bencana yang sewaktu-waktu bisa datang. Hal ini diwujudkan dengan kegiatan Water Rescue yang dilaksanakan oleh PAC GP Ansor Cilongok, Banyumas di Danau Kumpe, Sabtu (27/3).


Kasatkoryon Banser Cilongok Kholidin mengatakan, keterampilan dan keahlian melakukan penyelamatan di air jelas sangat diperlukan agar jangan sampai tim rescue justru membahayakan diri sendiri. Dengan dibekalinya para kader Banser maka akan semakin memberi manfaat bagi warga Banyumas. Selain itu, dapat terjalin sinergi antara Banser dengan instansi atau lembaga lain dalam hal penanganan bencana.


“Kegiatan ini diikuti sejumlah 43 sahabat Banser yang merupakan delegasi dari ranting. Kami sengaja membatasi jumlah peserta agar tetap mengkondisikan protokol kesehatan,” ujar Kholidin.


Kemampuan ini juga sangat penting bagi Banser khususnya mereka yang tergabung dalam Bagana (Banser Tanggap Bencana). Pentingnya keahlian ini untuk dikuasai tidak terhalang oleh kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga usai.


Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara PAC GP Ansor Cilongok dengan UBALOKA Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini juga merupakan agenda pelatihan perdana di masa pandemi dan akan terus dilanjutkan ke depan.


Insyaallah kami akan terus membekali kader kami agar siap siaga menghadapi dan menangani segala macam bentuk musibah bencana yang ada. Kami juga mengucapkan terimakasih ke tim yang sudah bersedia menjadi mitra kami,” pungkasnya.


Kontributor: Yanuareza
Editor: Muhammad Faizin

 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×