Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Monyet Kiai Itu...

Monyet Kiai Itu...
Subang, NU Online
Lima bulan terakhir, ada pemandangan baru di Pesantren Nurul Anwar Mubtadi`in Subang, Jawa Barat, yaitu seekor monyet yang berkeliaran kesana kemari. Bahkan sering mendekati tamu yang disuguhi makanan. Jika tamu sedang lengah, dengan gerakan yang sangat cepat, kadang makanan tersebut diambil monyet itu.

Menurut Pengasuh Pesantren Nurul Anwar Mubtadi`in KH Jejen Jaenal Mufid, awalnya monyet tersebut diberi seseorang dan disimpan di sebuah kandang. Karena merasa kasihan, Kiai Jejen berniat untuk melepasnya ke hutan supaya monyet tersebut merasakan kebebasan.

"Waktu itu bapak saya main ke sini. Beliau bilang jangan di buang ke hutan, lepaskan saja dari kandanganya," ungkap Kiai Jejen di sela kesibukannya menerima tamu di paviliun pesantren, Senin (27/3).

Akhirnya, kata dia, monyet tersebut dikeluarkan dari kandangnya dan dibiarkan bebas menentukan pilihan hidupnya.

"Setelah dilepas, dia tidak mau kemana-mana, padahal di sekeliling pesantren ini hutan semua. Sepertinya dia betah disini," tambahnya.

Ditambahkannya, monyet tersebut tidak mengganggu aktivitas di pesantren, hanya saja ada sedikit yang mengganjal di benak Kiai Jejen, terutama jika ada yang bertanya pemilik monyet itu.

"Monyet siapa itu? Monyet kiai?” ungkapnya.

“Itu masih mending. Lha kalau kiai monyet itu repot," celetuk salah seorang tamu disusul gelak tawa. (Aiz Luthfi/Abdullah Alawi)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×