Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Muhammad Rafsanjani, Ketua IPNU Sumbar 2022-2025 Diharap Fokus Kaderisasi

Muhammad Rafsanjani, Ketua IPNU Sumbar 2022-2025 Diharap Fokus Kaderisasi
Konferwil IPNU Sumbar Sabtu (2/7/2022) di Aula Kantor Kemenag Provinsi Sumatera Barat memilih Muhammad Rafsanjani sebagai Ketua IPNU Sumbar 2022-2025. (Foto: istimewa)
Konferwil IPNU Sumbar Sabtu (2/7/2022) di Aula Kantor Kemenag Provinsi Sumatera Barat memilih Muhammad Rafsanjani sebagai Ketua IPNU Sumbar 2022-2025. (Foto: istimewa)

Padang, NU Online

Konferensi Wilayah (Konferwil) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Sumatera Barat berhasil menetapkan Muhammad Rafsanjani sebagai Ketua PW IPNU Sumatera Barat masa khidmah 2022-2025. Muhammad Rafsanjani terpilih dalam Konferwil yang berlangsung Sabtu (2/7/2022) di Aula Kantor Kemenag Provinsi Sumatera Barat di Padang.


Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat IPNU Irwan Suhendra menyebutkan, program kerja IPNU ke depan harus fokus dalam garapan organisasi. Karena itu pengurus IPNU ke depan harus benar-benar melakukan kaderisasi di sekolah dan pesantren. Pengurus IPNU yang hanya di atas kertas tidak akan laku lagi. Pengurus IPNU yang demikian dipastikan akan mendapat sanksi organisasi dari PP IPNU.


"Kita berharap IPNU Sumbar ke depan bisa lebih aktif dalam konsolidasi organisasi, berkegiatan dan mengembangkan organisasi di kalangan pelajar dan santri," kata Irwan.


Dikatakan, tantangan pelajar Nahdlatul Ulama saat ini harus banyak menjangkau pelajar dan santri agar tidak mudah terpapar informasi hoaks yang banyak bertebaran di media sosial maupun situs-situs website yang tidak bertanggung jawab.


"Informasi hoaks tersebut sangat merusak pelajar dalam memahami sesuatu, termasuk dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama," kata Irwan.


Karena itu, kata Irwan, siapa pun yang terpilih memimpin IPNU Sumatera Barat harus fokus dalam pengembangan IPNU di kalangan pelajar dan santri. Bangun kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak sehingga mampu menjangkau pelajar dan santri yang lebih banyak.


"IPNU sebagai badan otonom NU sudah pasti menumbuhkan nilai-nilai yang diajarkan NU, yakni tawassuth (sikap tengah-tengah), tawazun (simbang dalam segala hal), i'tidal (tegak lurus), dan tasamuh (toleransi)," tuturnya menambahkan.

 

Kepala Kantor Kemenag Provinsi Sumatera Barat diwakili Tan Gusli dalam sambutannya mengatakan, pengurus IPNU Sumbar harus siap menjalankan program organisasi. Pengurus IPNU Sumatera Barat harusnya mampu jadi panutan di tengah masyarakat. Sehingga mendorong pelajar dan santri lain untuk bergabung dengan IPNU.


"Banyak yang bakal diperoleh pelajar dan santri yang aktif di IPNU. Kita menghimbau para orang tua pelajar dan santri mendorong anaknya untuk aktif dan bergabung dengan IPNU," kata Tan Gusli yang pernah mengemban amanah sebagai Ketua PC GP Ansor Kota Padang.

 

Konferwil IPNU Sumbar dibuka Wakil Sekretaris PW Nahdlatul Ulama Sumatera Barat Armaidi Tanjung. Turut memberikan sambutan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Firdaus dan  Ketua PW IPNU Sumbar Yasir Yanto. Ketua terpilih Muhammad Rafsanjani sebelumnya menjabat Departemen Jariangan Sekolah dan Pesantren  PW IPNU Sumbar.


Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×