Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Muslimat dan Fatayat NU di Jombang Bagikan Masker dan Gel Pembersih Tangan

Muslimat dan Fatayat NU di Jombang Bagikan Masker dan Gel Pembersih Tangan
Pembagian masker dan gel pembersih tangan oleh Muslimat NU Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (Foto:NU Online/Nuruddin Suryanulloh)
Pembagian masker dan gel pembersih tangan oleh Muslimat NU Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. (Foto:NU Online/Nuruddin Suryanulloh)
Jombang, NU Online 
Sampai hari ini masih banyak kalangan yang peduli untuk melakukan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Salah satunya adalah badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU), Pimpinan Anak Cabang Muslimat Nahdlatul ulama Kesamben, Jombang. Kalangan emak-emak ini membagikan sejumlah masker dan hand sanitizer atau gel pembersih tangan secara gratis ke seluruh anggotanya yang ada di ranting-ranting.
 
Ketua Muslimat NU Kesamben, Hj Nurul Cholistiyah memastikan sejumlah pengurus Muslimat NU di tingkat desa akan mendapat masker dan gel pembersih tangan. Pendistribusian sudah dilakukan beberapa waktu terakhir, dan sampai hari ini beberapa pengurus Muslimat di desa masih melakukan koordinasi tetkait pembagian bantuan tersebut.
 
"Pembagian ini diamanahkan ke masing-masing Pimpinan Ranting yang akan dibagikan untuk melindungi warga Muslimat dari wabah Covid-19 dan memutus mata rantai penularan," ungkapnya, Senin (20/4).
 
Perempuan yang kerap disapa Umi Lis ini berpesan kepada warga Muslimat yang ada di Kesamben untuk selalu meningkatkan kewaspadaan tanpa harus panik berlebihan. Imbauan pemerintah tentang bagaimana menghadapi Covid-19 juga tak kalah penting untuk dilakukan.
 
"Jangan panik, tetap tenang dan sabar. Selalu berdo'a kepada Alloh SWT, semoga wabah ini cepat berlalu. Dan tetap mengikuti anjuran pemerintah serta menjalankan protokol kesehatan," tandasnya.
 
Selama wabah corona masih belum ada tanda-tanda mereda, imbuhnya, masyarakat hendaknya tetap mematuhi kebijakan dan imbauan pemerintah, misalnya jaga jarak, tidak kumpul-kumpul, membiasakan hidup sehat dan bersih. Hal itu semata untuk mempercepat memangkas rantai penyebaran Covid-19. "Semoga wabah ini cepat berlalu dari bumi ini," ujarnya.
 
Fatayat NU Turun Gunung
Di samping kader Muslimat NU, Fatayat NU Kesamben juga melakukan aksi serupa. Di samping mekanisme pendistribusian melalui pengurus di tingkat ranting, merek juga terjun langsung ke lapangan membagikan ribuan masker dan gel pembersih tangan kepada sejumlah warga yang ada di desa-desa 
 
"Aksi bagi-bagi masker sebanyak 2000 Pcs dan hand sanitizer ini kami berikan ke warga yang ada di akar rumput melalui masing-masing ranting, ada juga yang kami berikan secara langsung ke warga maupun pengguna jalan yang ada di Kesamben," kata Ketua Fatayat NU Kesamben, Iin Inayatul Ainiyah, Senin (20/4).
 
Ia menegaskan, aksi sosial yang dilakukannya juga merupakan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya memakai masker dan menjaga kebersihan dalam situasi sekarang ini.
 
"Kami mengimbau kepada anggota Fatayat dan semua masyarakat agar selalu memakai masker jika keluar rumah dan menjaga kebersihan diri serta keluarga. Yaitu dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir," jelas Pimpinan Cabang Baitul Mal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMTNU) Kesamben ini. 
 
Ia juga berharap agar stay at home benar-benar dijalankan sesuai anjuran pemerintah agar bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan cepat. "Jangan keluar rumah kecuali ada kepentingan yg mendesak. Di samping melakukan ikhtiar secara lahiriah juga jangan lupa ikhtiar secara batiniah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT," pungkasnya.
 
Kontributor: Nuruddin Suryanulloh 
Editor: Syamsul Arifin


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×