Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Bali Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir

NU Bali Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir
Tim NU Peduli Bali bersiap menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Jembrana, Kamis (21/1). (Foto: NU Peduli Bali)
Tim NU Peduli Bali bersiap menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Jembrana, Kamis (21/1). (Foto: NU Peduli Bali)

Jembrana, NU Online

Bencana alam berupa banjir melanda beberapa titik di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Banjir terjadi akibar gerusan sungai di Banjar Loloan. 

 

Untuk meringankan beban warga terdampak, NU Peduli mengirimkan bantuan sembako, Kamis (21/1) pagi. Aksi tersebut berkolaborasi dengan lembaga dan banom NU yang lain seperti NU Care-LAZISNU, LTN NU, GP Ansor, Pagar Nusa, LPBINU Jembrana, LPBINU Kota Denpasar, LPBINU Kabupaten Badung, serta perwakilan dari Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali (ISTNUBA).

 

Kondisi warga dan bekas banjir bandang di Medewi cukup memprihatinkan. Terdapat tiga rumah warga yang rusak parah, bahkan ada satu rumah warga hanyut terbawa arus. Banyak dari warga yang juga kehilangan ternak, baik sapi maupun kambing. 

 

"Terima kasih kami sampaikan kepada NU dari Provinsi Bali yang telah peduli kepada warga kami. Semoga bantuan dari Nahdlatul Ulama dapat meringankan beban warga kami," ujar Perbekel Medewi, Nengah Wirama, sebagaimana rilis yang diterima NU Online.

 

Sebelumnya, Ketua PWNU Bali, KH Abdul Aziz, secara resmi melepas keberangkatan para relawan dan memberikan sekapur sirih untuk menambah motivasi para relawan. Ia berharap para relawan tetap semangat karena ini bantuan tersebut hanya permulaan. Pasalnya masih banyak daerah lain yang tertimpa bencana yang memerlukan bantuan. NU Bali harus peduli dan turut memberikan bantuan kepada daerah-daerah tersebut.

 

"Pengiriman paket bantuan ke Kabupaten Jembrana ini hanyalah langkah awal. Selanjutnya kita bersiap untuk membantu saudara kita yang ada di Sulawesi Barat dan tempat-tempat lain," kata H Abdul Aziz.


Sampai di Jembrana, rombongan PWNU Bali disambut oleh jajaran pengurus NU Kabupaten Jembrana beserta lembaga dan banomnya. Mulai dari Ketua PCNU Kabupaten Jembrana, Ansor, LPBINU, Muslimat NU. Rombongan kemudian berkoordinasi dan menyalurkan langsung paket bantuan kepada korban bencana.

 

Ketua PCNU Kabupaten Jembrana, H Arsyad menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dan bantuan  tersebut. Bantuan yang datang, kata dia, tentunya dapat meringankan tugas dari PCNU Kabupaten Jembrana yang sampai saat ini masih terus menggalang bantuan untuk membantu korban bencana banjir tersebut.

 

"Semoga ke depan kita bisa saling terus berkoordinasi saling membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan kita Nahdlatul Ulama," harap H Arsyad.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×