Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

NU Youth Care Jember Fasilitasi Perekaman KTP-el dan KK

NU Youth Care Jember Fasilitasi Perekaman KTP-el dan KK
Jember, NU Online
Pendampingan sejumlah relawan IPNU-IPPNU yang tergabung dalam NU Youth Care di Dusun Sumbercandik, Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Jember, Jawa Timur, saat ini memasuki tahap perekaman Kartu Keluarga dan KTP-el. 

Setelah dilakukan pendataan,  terdapat  cukup banyak penduduk yang belum mempunyai KTP-el dan Kartu Keluarga (KK). Dari data yang diperoleh, terdapat 180 kepala keluarga yang belum mempunyai KK dan 240 orang yang belum memiliki  KTP.
 
Maka, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan Telkom, relawan NU Youth Care memfasilitasi perekaman KTP-el dan KK di Dusun Sumbercandik, Senin (19/3).

“Alhamdulillah warga cukup antusias untuk mendapatkan KTP-el dan KK,” tukas Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Jember, Aris Dermawan kepada NU Online di sela-sela acara tersebut.

Menurutnya, progam utama NU Youth Care adalah pendampingan bagi warga untuk mendapatkan KTP-el dan KK. Sebab, keduanya sangat penting untuk mendapatkan akses pemberdayaan dari pemerintah. 

Memang, meski pembuatan KTP-el dan KK gratis, tapi tetap tidak mudah bagi warga yang tinggal di desa terpencil untuk mengurus  itu. 

“Setelah pendataan ini baru kita tahu berapa yang buta aksara dan sebagainya. Sehingga kita bisa memberikan pendampingan di bidang lain,” ujarnya (Aryudi AR/Muiz).



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×