Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pameran Hasta Karya Santri Meriahkan Peringatan Maulid Nabi di Pondok Tremas

Pameran Hasta Karya Santri Meriahkan Peringatan Maulid Nabi di Pondok Tremas
Salah satu stand santri Pondok Tremas. (Foto: NU Online)
Salah satu stand santri Pondok Tremas. (Foto: NU Online)

Pacitan, NU Online
Para santri Pondok Pesantren Tremas, Pacitan, Jawa Timur menampilkan berbagai macam karya mereka dalam kegiatan pameran Expo Hasta Karya Santri yang dilaksanakan selama 5 hari di aula pesantren setempat, Jum’at-Selasa (29/10 - 2/11/2021).

 

Menurut ketua panitia kegiatan, Syifalliyana, kegiatan pameran ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan maulid Nabi Muhammad saw sekaligus haul KH Habib Dimyathi yang digelar di Pondok Tremas.

 

Syifa berharap, dengan adanya kegiatan pameran ini dapat menumbuhkan kreativitas dalam diri para santri dan beberapa bakat yang terpendam bisa segera bermunculan.

 

"Banyaknya santri yang memiliki kreativitas dan bakat terpendam menjadi salah satu faktor pendorong diadakannya acara expo hasta karya santri ini," ungkap syifa.

 

Dijelaskan Syifa, sebanyak 21 peserta menampilkan karya seni pada pameran ini, para santri tersebut berasal dari 13 asrama putra, 6 asrama putri, Fata Al-Muntadlor, dan santriwati Madrasah Tsanawiyah. Adapun karya yang ditampilkan diantaranya adalah gambar miniatur, kaligrafi, dan aksesoris.

 

“Pameran ini akan dinilai oleh dewan juri, lalu kejuaraan diumumkan saat malam pengajian dzikra maulid nabi pada malam acara puncak,” jelasnya.

 

Lebih lanjut Syifa menjelaskan, para pengunjung yang hadir ke lokasi pameran dipersilahkan untuk membeli karya seni yang diminati.  Selain itu juga disediakan beberapa stand untuk bazzar santri. Diantara bazzar yang ditawarkan antara lain buku, busana, kaos, dan lain sebagainya.

 

“Kegiatan dilaksanakan bergiliran antara santriwan dan santriwati. Untuk santriwati mendapatkan bagian jadwal kunjung dari pagi sampai sore kemudian dilanjutkan jadwal kunjung putra pada malam hari,” tambahnya.

 

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para santri sekaligus dapat memberikan motivasi agar semakin semangat dalam berkarya.

 

Terpisah, salah satu pengunjung yang juga tenaga pengajar di Pesantren Tremas, Zainul Milla mengaku gembira dengan adanya kegiatan ini sebab dengan adanya pameran ini bisa mewadahi bakat para santri yang cukup beragam.

 

"Semoga ke depan bisa menjadi lebih baik dan membawa manfaat ke khayalak yang lebih luas," harapnya.

 

Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×