Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, LAZISNU Cilacap Bangun Sumur Bor di Karangpucung

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, LAZISNU Cilacap Bangun Sumur Bor di Karangpucung
Peresmian sumur bor di Mushala Birrulwalidain di Desa Karangpucung, Karangpucung, Cilacap, Rabu (21/9/2022). (Foto: LAZISNU Cilacap)
Peresmian sumur bor di Mushala Birrulwalidain di Desa Karangpucung, Karangpucung, Cilacap, Rabu (21/9/2022). (Foto: LAZISNU Cilacap)

Cilacap, NU Online

Upaya menjaga ketersediaan air bersih dilakukan Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Cilacap Jawa Tengah dengan membangun sumur bor. Salah satunya di Mushala Birrulwalidain di Desa Karangpucung, Karangpucung, Cilacap. Program kerja sama dengan Yayasan Siaga Peduli itu diresmikan pada Rabu (21/9/2022) lalu.


Direktur Eksekutif LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi menuturkan bahwa di wilayah tersebut sumber air bersih memang sangat kurang. "Terlebih saat musim kemarau, sumber air bersih akan mengering sehingga warga terpaksa membeli air bersih untuk keperluan sehari-hari," kata Fauzi dikonfirmasi Ahad (25/9/2022).


Karenanya dengan diselesaikannya pembangunan Sumur Bor Mushala Birrulwalidain tersebut nantinya tidak hanya memenuhi kebutuhan di mushala, akan tetapi juga menjadi sarana fasilitas air bersih bagi warga Dusun Karangpucung dan sekitarnya.


Kala itu peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Direktur Eksekutif LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi didampingi oleh pengurus Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Sedekah (UPZIS) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karangpucung, pengurus Mushala Birrulwalidain dan warga setempat.


Menurut penuturan Fauzi, pengerjaan sumur bor memakan waktu sembilan hari. Proyek tersebut juga menemui berbagai kendala seperti patahnya mata bor dan juga kontruksi tanah yang berbatu.


"Pada hari kesembilan airnya mengalir deras untuk mengisi toren 1.000 liter hanya membutuhkan waktu 10 menit," lanjut Fauzi.


Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pada donatur dan munfiq Koin NU. Karena atas donasi merekalah program fasilitas air bersih bisa terlaksana.


"Insyaallah program sarana air bersih akan berlanjut di daerah-daerah krisis air yang membutuhkan sarana air bersih," imbuhnya. 


Kepala Dusun Karangpucung Agus Sugoto mengatakan air dari sumur bor yang keluar bening dan tawar. Sejumlah 60 KK atau sekitar 240 jiwa nantinya akan menikmati fasilitas air bersih ini.


Atas nama warga Karangpucung dan pengurus Koin NU di Desa Karangpucung, dirinya mengucapkan terima kasih kepada LAZISNU Cilacap.  


"Terima kasih atas sumbangsih kepada warga Dusun Karangpucung berupa fasilitas air bersih di sini. Semoga air senantiasa lancar dan juga berkah," harap Agus.


Kontributor: Naeli Rokhmah
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×