Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

PWNU Jateng: Kita Bakal Sediakan Relawan Pemulasaran Jenazah Covid -19 

PWNU Jateng: Kita Bakal Sediakan Relawan Pemulasaran Jenazah Covid -19 
NU jateng sediakan relawan tenaga pemulasaraan jenazah Covid-19 (Foto: NU Online/Samsul Huda)
NU jateng sediakan relawan tenaga pemulasaraan jenazah Covid-19 (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Semarang, NU Online

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah menyiapkan dan sediakan relawan untuk membantu rumah sakit-rumah sakit yang kekurangan tenaga pemulasaraan jenazah korban Covid-19 dan harus dirawat sesuai dengan syariat Islam.

 

Rais PWNU Jateng KH Ubaidullah Shodaqoh mengatakan, semakin banyaknya umat Islam yang meninggal dunia karena Covid-19  menjadikan manajemen sejumlah rumah sakit di Jateng  kewalahan dalam melakukan pemulasaraan jenazah secara Islam, terutama proses pemandiannya.

 

"Pemandian jenazah hukumnya fardlu kifayah, namun karena keterbatasan petugas yang ngurus,  banyak yang kurang terurus  dengan sempurna . Maka hukumnya fardhu ain bagi orang yang mendapati ketika tidak ada orang lain atau tidak ada orang yg mampu melakukan pememulasaraan," kata  kiai Ubaid  di Semarang, Selasa (5/1).

 

Disampaikan, penyiapan relawan pemulasaraan jenazah Covid-19 ini merupakan perwujudan tanggung jawab NU terhadap jenazah-jenazah korban covid yang harus dirawat dan diurus sesuai dengan syariat Islam.

 

"Relawan-relawan yang disiapkan itu, sebelum diterjunkan di lapangan akan dibekali dengan berbagai kemampuan dan fasilitas pengamanan yang memenuhi standar protokol kesehatan (prokes) sehingga terjamin keamanan dan keselamatannya," ujarnya.

 

Dia menambahkan, penyiapan relawan itu ditangani perangkat PWNU Jateng yang menangani masalah kesehatan yakni Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Persatuan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU), dan PW GP Ansor Jateng.

 

Ketua PWNU Jateng Muhammad Muzamil mengatakan, tugas yang diemban NU di era pandemi Covid-19 ini semakin berat dan harus diselesaikan, terutama banyaknya info yang menyebutkan ada sejumlah jenazah Covid-19 yang tidak dimandikan karena terbatasnya petugas.

 

"Karena itulah saat ini PWNU Jateng menginisiasi penyiapan relawan Pemulasaraan jenazah covid 19 dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki NU.

 

Kami berharap langkah ini dapat menjadi salah satu solusi atas munculnya kendala yang dihadapi umat Islam dalam menghadapi kelangkaan petugas pemulasaraan jenazah covid di tengah banyaknya korban covid yang meninggal dunia," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×