Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Relokasi Kampus Fakultas Farmasi dan FKIP, Unwahas Semarang Siapkan Dana 100 Miliar

Relokasi Kampus Fakultas Farmasi dan FKIP, Unwahas Semarang Siapkan Dana 100 Miliar
Ketua Yayasan Unwahas Semarang, Prof KH Noor Achmad (Foto: NU Online/Samsul Huda)
Ketua Yayasan Unwahas Semarang, Prof KH Noor Achmad (Foto: NU Online/Samsul Huda)

Semarang, NU Online 

Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, Jawa Tengah menyiapkan dana Rp100 miliar untuk merelokasi gedung rektorat, perkuliahan, dan pelayanan mahasiswa Fakultas Farmasi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ke kampus II di Kelurahan Nongko Sawit, Gunungpati, Semarang.

 

Ketua Yayasan Wahid Hasyim Semarang Prof KH Noor Achmad mengatakan, setelah selesainya pembangunan gedung tujuh lantai di kampus I yang akan digunakan untuk menunjang sarana perkuliahan di Unwahas, rasanya untuk keperluan jangka panjang  sudah tidak mungkin lagi  kampus I yang berada Sampangan Semarang secara fisik dikembangkan lagi.

 

"Pengembangan fisik akan dikonsentrasikan di kampus II  di daerah Nongko Sawit Gunungoati yang saat ini sebagian lahannya sudah ditempati untuk kegiatan akademik Fakultas Kedokteran," katanya.
 

Hal itu diungkapkan Prof Noor dalam upacara peresmian gedung tujuh lantai di kampus I Unwahas, Sabtu (19/9).

 

Disampaikan, untuk merealisasikan rencana itu, saat ini Yayasan Wahid Hasyim Semarang selain telah menyiapkan dana Rp100 miliar juga sedang menyiapkan pembangunan fisik untuk rektorat, dan gedung perkuliahan dua fakuktas yakni Farmasi dan FKIP yang saat ini masih di kampus I direlokasi ke kampus II.

 

"Relokasi ini untuk mengimbangi peningkatan jumlah mahasiswa Unwahas yang tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Selain harus disiapkan sarana perkuliahan yang lebih memadai, juga perlu disiapkan sarana-sarana penunjang kegiatan mahasiswa, termasuk sarana olahraga yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR)," bebernya.

 

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat meresmikan gedung Rektorat mengatakan,  dirinya menyambut baik selesainya pembangunan gedung tujuh lantai  ini. 

 

"Unwahas sebagai salah satu perguruan tinggi di Kota Semarang terus berkomitmen untuk mencerdaskan para generasi muda melalui dunia pendidikan. Hal ini mempunyai arti yang sangat penting untuk mendukung kemajuan di Kota Semarang," ujanya.

 

Selain acara peresmian gedung, acara yang digelar bertepatan dengan tanggal 1 Shafar 1442 H ini juga dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Unwahas dengan dua lembaga pendidikan. Kedua lembaga tersebut adalah Universitas Negeri Semarang dan SMK Ma'arif NU Ungaran.

 

Rektor Unwahas, Prof Mahmutarom mengatakan, MoU ini dilakukan untuk mendukung realisasi berbagai aktivitas terkait dengan pengembangan program Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

"Kerjasama ini difokuskan untuk pengembangan di  bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di level perguruan tinggi serta level sekolah menengah kejuruan," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×