Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

RMI dan Gowais Minta Mukerwil PWNU Lampung Bahas Perda Pesantren

RMI dan Gowais Minta Mukerwil PWNU Lampung Bahas Perda Pesantren
Silaturahim Gowais ke Pj Ketua PWNU Prof Wan Jamaludin di Bandarlampung, Jumat (28/10/2022). (Foto: NU Online/M Faizin)
Silaturahim Gowais ke Pj Ketua PWNU Prof Wan Jamaludin di Bandarlampung, Jumat (28/10/2022). (Foto: NU Online/M Faizin)

Bandarlampung, NU Online
Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Lampung sebagai lembaga NU yang menangani pesantren terus melakukan upaya terwujudnya peraturan daerah (Perda) tentang pesantren. Perda ini sangat penting sebagai payung hukum dan wujud nyata dukungan Pemerintah Provinsi Lampung pada keberadaan pesantren.


Ketua RMINU Lampung Gus Hisyam mengatakan bahwa para putra kiai (Gus) yang tergabung dalam organisasi Gowais Lampung juga turut mendukung langkah segera terbitnya Perda Pesantren di Lampung. Terlebih jelang penyelenggaraan Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) PWNU Lampung yang digelar pada 29-30 Oktober 2022.


"Gowais meminta dukungan kepada PWNU agar dalam Muskerwil NU yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (29/10/2022) besok agar bisa memberikan dukungan dan menjadi salah satu isi rekomendasi muskerwil terkait Perda Pondok Pesantren yang hingga saat ini masih belum ditetapkan," ungkap Gus Hisyam yang merupakan salah satu Pengasuh Pesantren Darussaadah Lampung Tengah.


Menurutnya, Perda ini menjadi dasar agar Pemerintah Daerah bisa memberikan spirit lebih kepada pondok pesantren di Provinsi Lampung. Perda ini juga merupakan keberlanjutan dari Undang-undang No. 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.


Aspirasi ini disampaikan Gowais dalam kunjungan silaturahim ke Pj Ketua PWNU Prof Wan Jamaludin di Bandarlampung. Pada kesempatan tersebut, RMINU dan Gowais Lampung mendukung kepemimpinan ketua baru PWNU seiring mundurnya Prof Moch Mukri dari Ketua PWNU Lampung karena mendapat amanah sebagai Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).


Gowais berharap Pj ketua terpilih mampu melaksanakan dan melanjutkan program-program PWNU sampai akhir masa jabatan.


Sementara Prof Wan Jamaluddin memberikan apresiasi atas kehadiran para Gowais serta masukan-masukan yang telah disampaikan. Ia berharap Gowais senantiasa bersinergi dan menjadi salah satu pilar untuk penataan dan kemajuan Jam'iyah dan Jamaah nahdlatul Ulama.


Turut serta hadir pada kunjungan silaturahmi tersebut, Koordintor Gowais Gus Sibawaih, Putra Ulama Kharismatik Lampung KH Ahmad Sodik, Pendiri Pesantren Darussalamah Way Jepara Lampung Timur.


Ikut serta juga anggota Gowais seperti Gus Ma'shum Abror dari Pesantren Al-Hidayat Gerning Pesawaran, Gus Syaikhul Ulum dari Lampung Tengah, Gus Imam Rofi'i dari Kota Metro, Gus Bahauddin  Pesantren Istiqomah Al Amin Cinta Mulya Lampung Selatan, Gus Amin el-Hady dari Pesantren Minhadlul Ulum Pesawaran, dan Gus Rouf dari Pesantren  Darussaadah Lampung Tengah.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×