Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Satgas Covid NU Demak Edukasi Warga Terdampak Pandemi Corona

Satgas Covid NU Demak Edukasi Warga Terdampak Pandemi Corona
Kegiatan Satgas NU Peduli Covid-19 Demak bagikan sembako ke warga terdampak rob (Foto: Dok Satgas NU Peduli Demak)
Kegiatan Satgas NU Peduli Covid-19 Demak bagikan sembako ke warga terdampak rob (Foto: Dok Satgas NU Peduli Demak)

 Demak, NU Online

Satgas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Demak, Jawa Tengah mengeduksi pencegahan Corona kepada  para korban terdampak bencana air laut pasang atau rob di kawasan pesisir pantai Sayung Demak.

 

Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Kabupaten Demak dr Abdul Aziz mengatakan, masyarakat di beberapa desa di kawasan pesisir pantai Sayung Demak di saat Pandemi Covid-19 ini selain terdampak kebijakan penangangan Covid sekaligus juga berada di bawah bayang-bayang penularan wabah Corona.

 

"Saat air laut pasang seperti sekarang ini pemukiman dan perkampungan mereka tergenang air laut yang ketinggiannya hampir mencapai satu meter. Karena itu Satgas selain memberikan edukasi pencegahan covid juga memberikan bantuan logistik berupa paket sembako,"katanya di Sayung, Ahad (14/6).

 

Dikatakan, dalam menggelar aksi sosial ini satgas menjalin kerja sama dengan dengan Satkorcab Banser Demak, RSI NU Demak, dan para alumni aktivis Generasi Muda NU (IPNU, IPPNU, Fatayat, dan Ansor) Kecamatan Mranggen Demak.

"Akibat bencana, warga terdampak harus mencari upaya penyelamatan diri  dari ancaman genangan air laut yang dalam waktu bersamaan harus berupaya memotong mata rantai covid melalui gerakan menjalani hidup sehat, di antaranya menghindari social distancing dan menjalankan physical distancing," ungkapnya.

 

Ditambahkan, kepada warga terdampak rob maupun penanganan Covid itu oleh satgas diyakinkan bahwa kalau berupaya serius dan keras, maka terbuka harapan lepas dari kendala atau problem ini.

 

Materi edukasi yang disampaikan ujarnya, bersifat praktis dan aplikatif, misalnya bagaimana memakai masker yang benar, cuci tangan yang benar, mengambil posisi diri yang benar saat berada di ruang publik dan sebagainya.

 

Selain mengedukasi warga terdampak di Sayung, Satgas juga mengedukasi pencegahan mewabahnya Covid-19 di pasar Sayung. Dipilihnya pasar, karena belakangan ini kawasan pasar di berbagai daerah menjadi sumber pemicu tumbuhnya claster baru covid.

 

Kepala Satkoryon Banser Kecamatan Sayung Mashudi mengatakan, sebagian besar warga terdampak Covid dan rob di Sayung adalah nahdliyin yang perlu dibantu dan diadvokasi kepentihgan dan keselamatannya.

 

"Tepat sekali kalau satgas Covid NU Demak bersama berbagai elemen NU bergerak cepat dan serentak membantu warga terdampak. Kami berharap kepada pengurus NU agar lebih intens memberikan edukasi sekaligus advokasi atau pendampingan kepada warga terdampak di Sayung Demak ini," pungkasnya.

 

Kontributor: Samsul Huda
Editor: Abdul Muiz



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×