Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Warga di Bantul Kesulitan Air, Banser Tanggap Bencana Kirim Bantuan

Warga di Bantul Kesulitan Air, Banser Tanggap Bencana Kirim Bantuan
Banser Tanggap Bencana (Bagana) mengirimkan bantuan air bersih untuk penduduk di kawasan Surotopo, Pundong, Bantul. (Foto: NU Online/M Anwar)
Banser Tanggap Bencana (Bagana) mengirimkan bantuan air bersih untuk penduduk di kawasan Surotopo, Pundong, Bantul. (Foto: NU Online/M Anwar)
Bantul, NU Online
Barisan Ansor Serbaguna atau Banser dalam hal ini Banser Tanggap Bencana (Bagana), Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta mengirimkan air bersih ke Dusun Surotopo, Seloharjo, Pundong. Wilayah ini ternyata masih dilanda kekeringan akibat kemarau panjang.
 
Meski sudah turun hujan beberapa kali, tidak berarti kebutuhan air bersih dengan mudah terpenuhi di Dusun Surotopo. 
 
“Hujan di wilayah Pundong telah beberapa kali turun, namun durasinya cuma sebentar, dalam artian belum hujan setiap hari sehingga air hujan mudah terserap hilang ke dalam tanah perbukitan,” kata Jarot Mugikaryanto, Ahad (29/12). Tanah-tanah masih kering dan air bersih sulit diperoleh di Dusun Surotopo, lanjut anggota tim sosial kemanusiaan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pundong tersebut.
 
Dalam paparannya, Dusun Surotopo yang ada wilayah Desa Seloharjo Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul merupakan daerah dengan topografi perbukitan, terletak di sisi Timur-Selatan wilayah Pundong yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul. 
 
Untuk menuju lokasi, masuk dari Dusun Soka, masuk terus ikuti jalan berkelok hingga sampai jalan menikung ke kiri tajam dan menanjak ke atas. Selanjutnya, medan di penuhi tanjakan tajam dan memanjang, kendaraaan bermotor akan mampu naik hanya dengan preseneling gir satu saja. 
 
Jalanan yang dilewati menanjak bukit lumayan panjang. Termasuk jalur ekstrem, jalanan sempit dan panjang tanjakan hingga 500 Meter.
 
“Jadi, harus hati-hati apalagi yang belum pernah masuk daerah ini,” urainya.
 
Kegiatan distribusi air bersih ke Desa Seloharjo yang sering kena dampak kekeringan air di tahun ini telah beberapa kali dilakukan oleh Banser dan Ansor. 
 
“Kegiatan dilakukan sebagai wujud persaudaraan saling bantu kepada warga yang mengalami musibah,” jelasnya. 
 
Sebelumnya, tim telah dua kali mendistribusikan air bersih ke Dusun Gowak, dan sekarang bantuan air bersih ditujukan kepada warga dusun Surotopo. 
 
“Apa yang kami lakukan ini adalah wujud sinergi antara MWCNU Pundong dan jajaran badan otonom yang ada,” ungkap dia. 
 
Secara pembiayaan pengadaan air bersih didukung oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU, kemudian operasi pelaksanaannya dikerjakan oleh Bagana. 
 
“Kami, anggota Banser siap diterjunkan ke lokasi terdampak bencana membantu masyarakat demi kemanusiaan,” kata Achat Farmadi.
 
Ketua Pimpinan Anak Cabang Ansor Pundong ini menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (28/12) memang telah direncanakan jauh-jauh hari. Permintaan bantuan air bersih oleh warga Surotopo sudah disampakan sejak November, namun baru terrealisasi. 
 
“Dengan dikoordinatori Ketua Banser Pundong, Kang Doris, bersama sahabat Banser lain terjun langsung membantu warga yang kesulitan akses air bersih,” katanya. 
 
Air bersih didatangkan dari Imogiri Bantul, berhubung medan menuju lokasi yang berat, demikian pul;a akses jalan sempit dan menanjak tajam, khawatir truknya tidak kuat berjalan.
 
Truk tangki air bersih melaju lewat jalan memutar, melewati jalan Dusun Jorong yang notabene wilayah Kecamatan Panggang, Gunungkidul. 
 
 
Kontributor: M Anwar 
Editor: Ibnu Nawawi
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×