Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Ketika Gus Yaqut Bahagia 'Mengintip' Jamaah Haji Senang Berbelanja

Ketika Gus Yaqut Bahagia 'Mengintip' Jamaah Haji Senang Berbelanja
Para jamaah haji tampak sedang berbelanja di pasar kaget di depan hotel tempat menginap di Makkah. (Foto: Facebook Gus Yaqut)
Para jamaah haji tampak sedang berbelanja di pasar kaget di depan hotel tempat menginap di Makkah. (Foto: Facebook Gus Yaqut)

Jakarta, NU Online
Di sela tugasnya menjadi Amirul Hajj, memimpin misi haji Indonesia di Arab Saudi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyempatkan diri 'mengintip' aktivitas jamaah haji yang berbelanja di pasar kaget.


Gus Yaqut merekam aktivitas para jamaah itu dalam sebuah video pendek dari atas hotel dan mengunggahnya di akun Facebook Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa (5/7/2022).


Nampak para jamaah haji dari Ujung Pandang hilir mudik berbelanja kebutuhannya di pasar kaget yang berada di halaman depan hotel yang merek tempati.


“Ini pemandangan pasar kaget. Di depan daker hotel jamaah Ujung Pandang,” kata Gus Yaqut sambil mengamati para jamaah haji yang cukup riuh bertransaksi.


Pasar kaget ini nampak dimanfaatkan sekali dan membantu para jamaah memenuhi kebutuhan seperti makanan dan oleh-oleh bagi keluarga di Indonesia.


“Memang Indonesia dikenal paling suka belanja. Jadi, pemandangan seperti ini bisa kita temukan di hotel-hotel tempat jamaah haji menginap,” ungkap Gus Yaqut.


Putra KH M Cholil Bisri Rembang ini pun tersentuh dan merasa terharu melihat jamaah haji sehat dan bahagia berada di Tanah Suci untuk menjalankan rukun Islam yang kelima. “Senang melihatnya. Berhaji dengan bahagia dan gembira. Mudah-mudahan menjadi haji mabrur,” tuturnya.


Pada saat ini, para jamaah haji sedang mempersiapkan diri memasuki puncak haji, yakni wukuf di Arafah. Mereka diimbau agar tetap menjaga kesehatan dengan tidak memaksakan diri beraktivitas jauh dari hotel.


Kegiatan ibadah pun diimbau untuk dilakukan di hotel saja guna memastikan rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina bisa diselesaikan dengan baik.


Gus Yaqut mengapresiasi jamaah haji Indonesia yang terus menjaga ketertiban dalam beribadah di Masjidil Haram. Karena cuaca sangat panas, ia mengimbau jamaah untuk menjaga fisik dan stamina.


“Minum vitamin dan air putih yang cukup dan saya kira ini (cuaca panas) bagian dari ujian kita ketika kita melaksanakan ibadah haji,” kata Gus Yaqut dikutip dari laman Kemenag.


Sebagai informasi, penerbangan jamaah haji Indonesia untuk kuota reguler sudah berakhir. Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC) 43 yang mendarat Ahad (3/7/2022) siang, menandai berakhirnya fase kedatangan. Total ada 92.668 jamaah haji Indonesia reguler yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci, sejak 4 Juni hingga 3 Juli 2022.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×