Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Telepon Presiden Palestina, Menhan Israel Ucapkan Selamat Ramadhan

Telepon Presiden Palestina, Menhan Israel Ucapkan Selamat Ramadhan
Ilustrasi: Masjidil Aqsa di Yerusalem Timur.
Ilustrasi: Masjidil Aqsa di Yerusalem Timur.

Jakarta, NU Online

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Gantz menyampaikan selamat Ramadhan kepada Abbas dan warga Palestina.


Dikutip dari AFP, Gantz berharap bahwa warga Palestina bisa menikmati Ramadhan dengan penuh berkat, perdamaian, dan ketenangan.


"Gantz mengucapkan harapan agar Abbas dan warga Palestina menikmati Bulan Ramadhan yang penuh berkat. Ramadan harus menjadi bulan perdamaian dan ketenangan, bukan masa yang penuh terror," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Israel yang dikutip AFP, Selasa (5/4).


Israel dan Palestina pun dianggap tengah berupaya untuk meredam ketegangan menjelang sejumlah acara keagamaan yang terjadi bersamaan, seperti Ramadan dan Paskah.


Tahun lalu, bentrokan pecah antara Israel dan Palestina selama Ramadhan. Bentrokan itu memicu perang antara Israel dan penguasa Jalur Gaza, Hamas.


Gantz menyatakan bahwa Israel siap mengambil langkah-langkah kemanusiaan selama dan setelah Ramadan. Meski demikian, Gantz tak menjabarkan lebih lanjut langkah kemanusiaan yang dimaksud.


Gantz juga menyampaikan apresiasi atas pernyataan Abbas mengenai serangan yang menewaskan lima orang di Bnei Brak dekat Tel Aviv, Israel, bulan lalu.


Dalam pernyataan itu, Abbas menegaskan bahwa pembunuhan semacam itu "Hanya akan memperburuk situasi, sementara kita semua butuh kestabilan."


Pernyataan belasungkawa Abbas itu memang dianggap langka mengingat sejarah panjang konflik antara Israel dan Palestina.


"Pembunuhan warga Palestina dan warga sipil Israel hanya akan memperburuk situasi, sementara kita semua berjuang untuk stabilitas wilayah," kata Abbas, seperti dikutip AFP, Rabu (30/3/2022).


Pewarta: Fathoni Ahmad

Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×