Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Televisi Siarkan Detik-detik Erdogan Disuntik Vaksin Sinovac

Televisi Siarkan Detik-detik Erdogan Disuntik Vaksin Sinovac
Presiden Turki Tayyip Erdogan melakukan suntik vaksin yang disiarkan di televisi setempat, Kamis (14/1). (Foto: Reuters)
Presiden Turki Tayyip Erdogan melakukan suntik vaksin yang disiarkan di televisi setempat, Kamis (14/1). (Foto: Reuters)

Ankara, NU Online
Untuk meyakinkan warganya dan mengurangi keraguan publik tentang efektivitas vaksin Covid-19, Presiden Turki Tayyip Erdogan melakukan suntik vaksin yang disiarkan di televisi setempat, Kamis (14/1). Erdogan menerima dosis vaksin pertamanya di Rumah Sakit Kota Ankara. Dia tiba bersama Menteri Kesehatan Fahrettin Koca, yang menerima vaksin pertama di negara itu sehari sebelumnya.


Erdogan mengatakan bahwa ia dan anggota senior Partai AK mengajak politis lain dan warganya untuk mendukung vaksinasi dari Sinovac tersebut. “Jumlah vaksin pada tahap pertama sudah jelas. Sekarang, 25-30 juta dosis lagi akan datang dalam waktu dekat. Kita ingin melanjutkan ini (vaksinasi) dengan cepat, ”katanya.


Sementara Menteri Kesehatan Fahrettin Koca dikutip dari Reuters mengatakan bahwa semua warganya akan dan harus divaksinasi saat giliran mereka tiba.


Sampai saat ini, Turki telah melakukan vaksinasi pada lebih dari 250.000 petugas kesehatan yang menjadi prioritas pertama. Selanjutnya dosis kedua akan diberikan pada mereka 28 hari kemudian. Langkah vaksinasi nasional ini merupakan cara Turki menghadapi Covid-19 yang sampai saat ini telah menginveksi 2,3 juta penduduknya dan menewaskan lebih dari 23.000 orang di negara itu.


Berdasarkan informasi salah satu petugas kesehatan setempat, Nurettin Yiyit, rumah sakit dapat memvaksinasi sekitar 1.800 orang per hari dan 3.500 stafnya, termasuk perawat dan petugas kebersihan, dapat divaksinasi dalam dua hari. Pemerintah Turki telah menjadikan 30 klinik untuk mengelola vaksin tersebut.


“Kami menghabiskan sekitar 10 bulan dengan pakaian putih, mendukung orang-orang yang berjuang untuk hidup. Petugas kesehatan tahu betul bahwa situasi ini tidak bisa dianggap enteng dan bahwa vaksin diperlukan,”kata Yiyit.


Pimpinan negera yang sudah divaksin

Sampai saat ini sudah beberapa pemimpin negara menunjukkan secara langsung proses penyuntikan kepada rakyatnya. Hal ini ditujukan untuk memberi contoh sekaligus mengajak rakyatnya menyukseskan program untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum juga mereda.


Pada Rabu (13/1), Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah disuntik vaksin Covid-19 Sinovac. Joko Widodo divaksin sekitar pukul 09.30 WIB di Istana Presiden, Jakarta. Proses vaksinasi disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden dan beberapa televisi nasional Indonesia.

Foto: Raja Arab Saudi Raja Salman disuntik vaksin. (Foto:Saudi Press Agency)

 

Pemimpin negara lainnya yang sudah divaksin Covid-19 di antaranya: Presiden terpilih Amerika Serikat Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, Wakil Presiden Amerika Serikat Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, Perdana Menteri Singapura Perdana Menteri Singapura Lee Hsien, Raja Arab Saudi Raja Salman, Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman, Ratu Kerajaan Inggris Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×